Petani Tanah Karo Diajak Bermitra dengan Eksportir

Dinas Pertanian Kabupaten Karo memberikan sosialisasi dan penyuluhan pengelolaan lahan perkebunan untuk meningkatkan mutu komoditas agar bisa lebih bersaing di pasar internasional.

99
petani tanah karo
Suasana sosialisasi kepada Kelompok Tani di Hotel Suite Pakar, Berastagi, Karo, Kamis (12/9/2019) pagi. (Foto : Bayu Pramana)

Kitakini.news – Untuk meningkatkan perekonomian petani, Dinas Pertanian Kabupaten Karo mengajak petani Tanah Karo bekerjasama dengan eksportir komoditi bidang perkebunan. Ajakan itu disampaikan saat menggelar sosialisasi dan penyuluhan kepada Kelompok Tani mengenai pengelolaan lahan perkebunan, di Hotel Suite Pakar di Jalan Jamin Ginting Kecamatan Berastagi, Karo, Kamis (12/9/2019) pagi.

Kepala Bidang Penyuluhan Dinas Pertanian Karo, Ajaren, mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan menambah pendapatan petani setelah adanya kerjasama dengan pihak eksportir.

“Di sini kita bertujuan agar petani itu menjalin kerjasama atau bermitra dengan eksportir. Sehingga petani dapat menjual hasil perkebunannya itu langsung tanpa melalui perantara, sehingga harga jual lebih tinggi,” ujarnya di sela-sela kegiatan.

Dia mengatakan, acara tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada petani akan pentingnya hasil komoditi perkebunan untuk mengangkat perekonomian petani. Selain itu kata Ajaren, kegiatan tersebut untuk menambah pendapatan petani setelah adanya kerjasama dengan pihak eksportir.

Lewat kegiatan itu kata Ajaren, petani diberikan pemahaman bahwa penting menjaga standar hasil perkebunan. Itu diperlukan agar mampu menembus perdagangan dunia, khususnya komoditas pertanian.

“Sosialisasi ini juga mengajak petani untuk menargetkan hasil komoditinya menembus ekspor ke luar, bukan di lokal aja. Jadi yang selama ini mungkin masih levelnya di bawah, kita harapkan dari sosialisasi ini petani paham untuk lebih fokus dalam hasil pertaniannya,” ungkapnya.

Baca Juga : Kasus Revitalisasi Pasar Horas, Polda Sumut Tetapkan Benny Sihotang sebagai Tersangka

Hadir sebagai narasumber, dari Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan Medan, Dinas Perkebunan Provinsi Sumut Balai Besar Karantina Pertanian Belawan.

Sosialisasi itu diharapkan Tingkatkan Keuntungan Petani Tanah Karo

Dirinya pun berharap sosialiasi ini dapat mengangkat tingkat perekonomian petani khususnya di Kabupaten Karo.

“Selama ini petani yang bekerja, dapat untung sedikit, tetapi pihak lain yang dapat keuntungan besar. Jadi kali ini kita mau kalau petaninya yang kaya, bukan pihak-pihak yang lain,” harapnya.

Kegiatan itu juga mendapat sambutan yang positif dari kelompok tani. Petani Tanah Karo terlihat antusias mengikuti sosialisasi dari pihak eksportir karena bukan hanya jenis tanaman kopi saja. Ada juga jenis tanaman perkebunan lain seperti, vanili, tembakau dan jenis tanaman perkebunan lainnya.

Sosialisasi tersebut dihadiri oleh, Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) Kab Karo. Hadir pula dari Asosiasi Kopi Taneh Karo (AKTK), Asosiasi Pelaku Kopi Karo (APK2). Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis Kopi Arabika Tanah Karo (MPIG-KATK) juga hadir.

Baca Juga : Ratusan Nelayan di Belawan Tuntut Dana Tali Asih Pelindo

Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Karo, Forum Vanili Indonesia Kabupaten Karo dan Komisi Penyuluhan Pertanian Kabupaten Karo (KP2K Karo) juga hadir. Kegiatan itu juga diikuti Kelompok Tani (Poktan) Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) dari 17 Kecamatan Kabupaten Karo, yang berjumlah sebanyak 100 orang.

Kontributor : Bayu Pramana
Editor : Khairul Umam

Mutiara Hikmah

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here