Berkas Kasus Dugaan Korupsi Disporasu Masih Dilengkapi

Polda Sumut telah menetapkan Kabid Sarana Prasarana (Sarpras) dan Kemitraan Disporasu, Sujamrat dan Direktur PT Rian Makmur Jaya (RMJ), Junaedi sebagai tersangka.

47
dugaan korupsi di dispora sumut
Kantor Polda Sumut. (Foto : Syahrial Siregar).

Kitakini.news – Penyidik Subdit III/Tipikor Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sumut hingga kini masih merampungkan berkas perkara dugaan korupsi di Dispora Sumut.

“Berkas dugaan korupsi Disporasu masih kita proses. Belum kita limpahkan,” ujar Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Sumut, Kombes Pol Rony Samtana, Selasa (17/9/2019) sore.

Rony menjelaskan, pihaknya belum pernah melimpahkan berita acara pemeriksaan (BAP) tersangka Sujamrat dan rekanan Direktur PT RMJ, Junaedi ke pihak kejaksaan. Namun, dalam waktu dekat penyidik bertekad menyelesaikan BAP tersebut.

“Kalau sudah rampung, secepatnya kita limpahkan ke jaksa,” tegas Rony.

Rony mengungkapkan, dalam kasus dugaan korupsi proyek renovasi lintasan sirkuit atletik PPLP Propsu yang berada di Jalan Sunggal itu, Polda Sumut telah menetapkan Kabid Sarana Prasarana (Sarpras) dan Kemitraan Disporasu, Sujamrat dan Direktur PT Rian Makmur Jaya (RMJ), Junaedi sebagai tersangka.

Kanit Tipikor Polda Sumut, Kompol Hartono menambahkan, tersangka Junaedi ikut serta bersama tersangka Ir Sujamrat Amru MM selaku mantan Kabid Sarana Prasarana dan Kemitraan Disporasu yang kini sudah ditahan, melakukan kegiatan memperkaya diri sendiri dari proyek pemerintah tersebut.

“Jadi hingga kini sudah dua orang yang kita lakukan penahanan. Pertama Ir Sujamrat Amro MM dan kedua Direktur PT Rian Makmur Jaya, Junaedi,” ungkap Hartono.

Baca Juga : Gubsu Resmikan Kuil Shri Minachi Amman di Labuhan Deli Sumut

Kronologis Kasus Dugaan Korupsi di Dispora Sumut

Sekadar informasi, PT Rian Makmur Jaya adalah sebagai pemenang tender proyek tersebut.

Kasus ini bermula pada 2 Februari 2017, dengan dialokasikannya Pagu Anggaran sebesar Rp 4.797.700.000.- ke Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Provinsi Sumatera Utara untuk pekerjaan Renovasi Lintasan Sircuit Tartan Atletik PPLP Sumut di Jalan Pembangunan, Kelurahan Sunggal, Kecamatan Medan Sunggal.

Pada 14 Maret 2017, ditetapkanlah Drs Sujamrat Amru MM selaku Kuasa Pengguna Anggaran pekerjaan sirkuit. Tapi, dalam proses penyusunan Harga Perkiraan Sendiri (HPS) dan Spesifikasi Teknis, dia tiak melakukan survey.

Kadispora Propsu, H Baharudin Siagian menjabat sebagai KPA pada proyek renovasi Lintas Sircuit Tartan Atletik PPLP Propsu TA 2017 dengan pagu anggaran Rp 4.797.700.000, berdasarkan surat keputusan Gubernur Sumut nomor ; 188.44/10/KPTS/2017 tanggal 9 Januari 2017.

Baca Juga : Sindiran Pedas Dahnil Anzar dan Rocky Gerung Soal Kebakaran Hutan di Riau

Para tersangka dugaan korupsi di Dispora Sumut tersebut, dijerat dengan Pasal 2 ayat (1) UU RI No 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, sebagaimana diubah dengan UU RI Nomor 20 Tahun 2001.

Reporter : Syahrial Siregar
Editor : Khairul Umam

Mutiara Hikmah

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here