Demo Karhutla di Riau Ricuh, Sejumlah Mahasiswa dan Polisi Terluka

Ribuan mahasiswa menggelar aksi demo, menuntut pemerintah menuntaskan masalah kabut asap akibat Karhutla di Riau, karena hingga saat ini kabut asap sangat mengganggu aktivitas warga.

784
Demo karhutla di Riau ricuh
Sejumlah mahasiswa yang melakukan aksi demo (kanan) dan kondisi aparat kepolisian dan mahasiswa yang terluka (kiri) (Foto : Ferry Anthony)

Kitakini.news – Ribuan mahasiswa menggelar aksi demo karhutla di Riau, tepatnya di Kantor Gubernur Riau pada Selasa sore (17/9/2019). Aksi tersebut berakhir ricuh dan  menyebabkan dua aparat kepolisian dan sejumlah mahasiswa terluka.

Aksi dorong antara mahasiswa dengan aparat kepolisian tak terelakkan. Akibatnya barisan  pagar betis aparat kepolisian berhasil dijebol oleh ribuan mahasiswa. Kondisi itulah yang membuat dua aparat kepolisian mengalami luka lebam, karena terinjak-injak oleh mahasiswa.

Dari pantauan kitakini News dilokasi, tidak hanya dari aparat kepolisian mahasiswa juga mengalami luka-luka karena terjatuh dan terinjak olah rekannya sendiri. Selain itu, terlihat banyak dari mahasiswa terkena pukulan aparat kepolisian.

Aparat kepolisian terpaksa menyemprotkan air dari Water canon untuk memukul mundur ribuan mahasiswa tersebut. Sementara mahasiswa membalas dengan melemparkan batu dan botol minuman ke arah petugas.

Hingga berita ini diturunkan masih terjadi aksi bentrok antara mahasiswa dengan aparat kepolisian.

Baca juga : Ini sindiran pedas Dahnil Anzar dan Rocky Gerung soal kebakaran hutan di Riau

Demo Karhutla di Riau, Ribuan Mahasiswa Minta Pemerintah Tuntaskan Masalah Kabut Asap

Aksi demo ribuan mahaiswa ini merupakan demo lanjutan mahasiswa di hari sebelumnya. Menuntut keseriusan pemerintah dalam menangani Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Riau yang semakin parah.

Dalam aksi itu, para mahasiswa menyampaikan aspirasi dan keluhan masyarakat terkait kabut asap akibat Karhutla tersebut. Mahasiswa juga menuntut janji Presiden Joko Widodo untuk mencopot Kapolda Riau dan Pangdam.

Tuntutan tersebut disampaikan mahasiswa karena penegak hukum tak bisa menangkap dalang pembakaran hutan dan lahan di Riau.

Ribuan mahasiswa yang menggelar aksi demo itu berasal dari sejumlah perguruan tinggi di Provinsi Riau.

Demo di Riau Ricuh, Mahasiswa dan Polisi Terluka Akibat Demo

Kontributor : Ferry Anthony
Editor : Ummi Fatih

Mutiara Hikmah

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here