Kabut Asap Telah Masuk Wilayah Asahan, BPBD Bagikan Masker

Kabut asap dampak kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau ternyata sudah masuk ke sejumlah wilayah seperti Asahan. Bahkan, diduga kabut asap juga sudah mulai menyelimuti Kota Medan.

70
kabut asap masuk asahan
Sejumlah petugas BPBD Asahan membagi-bagikan masker kepada pengguna jalan di sejumlah ruas jalan di Kisaran, Sekasa (18/9/2019). (Foto : Rendi Siregar)

Kitakini.news – Beberapa hari belakangan ini, kabut asap kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang berasal dari luar Sumut telah masuk dan mulai mencemari udara di Kabupaten Asahan. Bahkan pada Selasa (17/9/2019) secara kasat mata, kabut asap semakin tebal dibandingkan hari-hari sebelumnya.

Kondisi tersebut membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Asahan tanggap dan responsif turun ke jalan untuk membagi-bagikan masker kepada masyarakat, khususnya yang berada di kota Kisaran dan sekitar.

“Hari ini atas nama Pemkab Asahan melalui BPBD Asahan kami membagi-bagikan masker kepada masyarakat yang terdampak dari asap yang berasal dari Provinsi Riau,” kata Kasubdit Kedaruratan BPBD Asahan, Zulfahri Harahap, Selasa (17/9/2019) sore.

Masih kata Zulfahri, masker yang mereka bagikan merupakan salah satu upaya pencegahan penyakit yang diakibatkan dari asap itu sendiri, di antaranya sesak nafas dan infeksi saluran pernapasan atas (ISPA).

Dijelaskannya, asap yang menyelimuti Kabupaten Asahan membuat kualitas udara tercemar. Ia mengatakan, asap tersebut berbahaya bagi kesehatan bila terhirup oleh manusia. Dia juga mengamini, ketebalan asap semakin pekat.

“Kami melihat dari pengamatan mata, sudah lebih tebal dari sebelumnya. Kami khawatirkan kondisi ini sebabkan penyakit bagi masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, upaya membagi-bagikan masker yang dilakukan BPBD Asahan, merupakan suatu bentuk edukasi kepada masyarakat untuk peduli terhadap kesehatan.

“Kami imbau masyarakat agar gunakan masker. Usahakan seminim mungkin berkegiatan di luar ruangan, selama asap masih menyelimuti udara Kota Kisaran,” sebutnya.

Baca Juga : 49 Pelajar di Simalungun Keracunan Usai Santap Menu Ikan Tongkol

Sekadar informasi, BPBD Asahan pada kegiatan Selasa (17/9/2019) telah membagi-bagikan sebanyak 2000 lembar masker. Hal itu dilakulan di empat titik yaitu, depan dua pintu masuk dari dan menuju kota Kisaran. Dua lokasi itu berada di Sentang dan Pulo Bandring. Selanjutnya, Masjid Agung Achmad Bakrie, dan Bundaran Tugu Jalan Imam Bonjol dan Cokroaminoto Kisaran.

Selain Kabut Asap Masuk Asahan, Medan juga Mulai Berkabut

Kondisi udara yang berbeda terjadi di Kota Medan, Rabu (18/9/2019) pagi. Jika sebelumnya langit cerah, diduga kabut asap sudah mulai cemari udara di Kota Medan. Berdasarkan pantauan di sejumlah lokasi, cuaca di Medan yang berawan, terlihat berkabut. Setidaknya, di kawasan Medan Tembung sekitarnya, Medan Amplas sekitarnya, tampak berkabut.

Kitakini News saat ini tengah berupaya mengonfirmasi instansi terkait untuk dugaan kabut asap yang menyelimuti beberapa kawasan di Kota Medan.

Kontributor : Rendi Siregar
Editor : Khairul Umam

Mutiara Hikmah

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here