Gudang Barang Bekas di Percut Sei Tuan Hangus Terbakar

Peristiwa tersebut tidak menelan korban jiwa, namun kerugian atas kejadian itu sebesar Rp 500 jutaan.

79
gudang hangus terbakar
Gudang barang bekas yang hangus terbakar. (Foto : Imam Efendi).

Kitakini.news – Sebuah gudang hangus terbakar di kawasan Jalan Waduk, Dusun I, Desa Bandar Khalipah, Kecamatan Percut Sei Tuan, Selasa (17/9/2019) malam. Terbakarnya gudang tempat penyimpanan barang bekas (botot) milik Johan (40) warga Jalan Mandala, Medan ini diduga karena korsleting listrik.

Beruntung, peristiwa tersebut tidak menelan korban jiwa, namun kerugian atas kejadian itu sebesar Rp 500 jutaan.

Peristiwa itu pertama kali diketahui salah satu pekerja di gudang penyimpanan barang bekas itu, yakni Gunawan Tambunan (37) warga setempat. Saat itu, dia berada di Pos penjagaan gudang tersebut.

Kemudian, tepat pukul 23.30 WIB, dia melihat kepulan asap tebal keluar dari atap gudang tersebut. Melihat itu, selanjutnya dia pun bergegas memeriksa sebab asal kepulan asap tersebut.

Dia pun terkejut ketika melihat percikan api yang muncul dari dalam tempat dia bekerja itu.

“Saya lagi di Pos penjagaan malam itu, kebetulan Saya salah satu pekerja disini sebagai kuli botot,” jelasnya kepada wartawan, Rabu (18/9/2019) siang.

“Saat Saya di Pos itu, Saya pertama kali menghirup bau terbakar yang menyengat hidung Saya. Saya lihat ke arah gudang, kok ada asap tebal. Penasaran Saya, kemudian Saya cek gudang ini. Eh gak taunya, uda terbakar dan apinya marak sekali,” tambahnya.

Dia mengungkapkan, bahwa peristiwa yang menghanguskan tempat dia bekerja, langsung di koordinasikan dengan kedua temannya yang saat itu ada di pos penjagaan lainnya.

Bersama rekannya, Roy Padang (24) dan Joni (32) keduanya warga sekitar langsung meminta tolong kepada masyarakat yang bermukim di kawasan itu, sembari menghubungi petugas Pemadam Kebakaran Pemkab Deliserdang.

Baca Juga : Diduga Arus Pendek Listrik, 3 Unit Rumah di Siantar Hangus Terbakar

“Kalau dugaan asal api, akibat korsleting listrik dari salah satu kabel listrik di gudang itu. Kemudian, kami lari keluar areal gudang untuk meminta pertolongan,” terang dia.

“Susah kali untuk memadamkan apinya, karena barang-barang di gudang tersebut banyak yang mudah terbakar,” tutupnya.

Gudang Botot Hangus Terbakar, 5 Mobil Pemadam Kebakaran Deli Serdang Diterjunkan

Sementara itu, petugas Pemadam Kebakaran dari Pemerintah Kabupaten Deli Serdang, yang mendapatkan informasi sebelumnya terkait kejadian itu, langsung terjun ke lokasi gudang hangus terbakar tersebut.

5 unit mobil Pemadam Kebakaran dari Pemkab Deli Serdang tiba di lokasi dan seketika berjibaku untuk menjinakkan si jago merah (Api). Namun, satu unit mobil Pemadam Kebakaran dari Pemko Medan turut diterjunkan untuk membantu.

Kurun waktu 1 jam, api dapat dijinakkan oleh sejumlah petugas. Akan tetapi, petugas juga mengalami kesulitan untuk mendinginkan lokasi, karena barang-barang yang berada di dalam gudang tempat penyimpanan barang bekas itu mudah terbakar, sehingga api masih melahap seluruh sisi gudang botot itu.

Kebakaran Gudang Barang Bekas Di Percut Sei Tuan

Kontributor : Imam Efendi
Editor : Khairul Umam

Mutiara Hikmah

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here