Penyerahan 17 Ambulans, Bupati Karo : Maksimalkan Pelayanan Hingga ke Pedesaan

Bupati Karo, Terkelin Brahmana menyerahkan 17 unit mobil ambulans secara simbolis ke 17 Puskesmas di Kabupaten Karo.

105
penyerahan 17 ambulans
Bupati Karo, Terkelin Brahmana menggunting pita sebagai tanda diserahkannya 17 ambulans ke 17 Puskesmas di Kabupaten Karo, Rabu (18/9/2019). (foto : kitakini.news/ bayu brahmana)

Kitakininews – Penyerahan 17 ambulans secara simbolis kepada 17 kepala Puskesmas di Kabupaten Karo, Rabu (18/9/2019) diharapkan bisa meningkatkan pelayanan kesehatan hingga ke pelosok desa.

Pemberian bantuan mobil ambulans ini diserahkan langsung oleh Bupati Karo, Terkelin Brahmana SH didampingi Kadis Kesehatan, Drg Irna br Milala, Bapeda Karo, Ir Nasib Sianturi di halaman parkir Kantor Bupati Karo.

Terkelin Brahmana mengharapkan pelayanan Puskesmas di setiap kecamatan bisa lebih maksimal hingga ke pelosok pedesaaan dengan adanya mobil ambulans tersebut.

“Kita harapkan dengan adanya mobil ambulans di setiap kecamatan dapat lebih mengutamakan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat di pedesaan. Ambulans ini harapan kita dapat sepenuhnya dipergunakan untuk pelayanan pasien yang membutuhkan pertolongan. Ambulans harus siaga dan jangan dipergunakan untuk kenderaan khusus petugas kesehatan di kecamatan,” jelasnya.

Sementara itu, Drg Irna br Milala mengatakan sesuai arahan pasal 13 Permenkes 75 2014 menyebutkan setiap Puskesmas diwajibkan memiliki 1 unit ambulans dan 1 unit mobil Puskesmas Keliling (Pusling).

“Untuk Kabupaten Karo, baru ini yang pertama ada mobil ambulans untuk Puskesmas kecamatan. Selama ini, yang kita punya hanya mobil Pukesmas keliling yang gunanya hanya untuk angkutan tim medis ke lapangan. Selama ini, mobil itulah yang diperbantukan untuk angkutan ambulans,” terangnya.

Baca Juga : Ribuan Nelayan Geruduk Kantor Walikota Tanjungbalai, Protes Pukat Trawl

Penyerahan 17 Ambulans, Diharapkan Pelayanan Kesehatan Lebih Maksimal

Dengan adanya ambulans tersebut diharapkan dapat lebih membantu masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan.

Masing-masing ambulans itu dilengkapi dengan lendsport, tabung gas, standart infus, alat pemompa jantung, kotak P3K dan peralatan medis lainnya.

“Dari 17 armada ambulans ini, 12 unitnya merupakan mobil single gardang, 2 unit mobil Pusling single gardang dan 3 unit jenis double gardang. Ketiganya akan diserahkan ke kecamatan yang sulit infrastruktur dan menyesuaikan dengan medannya. Seperti di Puskesmas Lau Baleng, puskesmas Mardingding dan Puskesmas Tiga Binanga. Mengingat daerah tersebut lebih membutuhkan penyesuaian,” harapnya.

Kontributor : Bayu Pramana
Editor : Khairul Umam

Mutiara Hikmah

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here