Tips Membedakan Kosmetik Asli Dan Palsu

Beberapa tips agar Anda dapat membedakan kosmetik asli dan palsu.

192
Tips Membedakan Kosmetik Asli Dan Palsu
Tips ini dapat membantu Anda membedakan mana kosmetik asli dan palsu. (foto:Kanal247)

Kitakini.news – Saat ini kita perlu hati-hati sebelum membeli kosmetik, karena banyak produk palsu yang beredar dan tidak jelas kandungannya. Produk palsu akan menyebabkan berbagai masalah pada wajah apalagi jika digunakan terus menerus. Sebagai wanita, pastinya nggak bakal jauh-jauh dari yang namanya kosmetik demi mendapatkan penampilan wajah yang lebih rupawan. Biar kamu nggak kecewa, terapkan tips ini untuk membedakan kosmetik asli dan palsu.

1. Cek Identitas Penjual

Sebelum membeli kosmetik, sebaiknya kamu cek terlebih dahulu dengan melihat identitas penjual, apakah si penjual adalah distributor resmi atau bukan. Jika kamu mencarinya via online, teliti terlebih dahulu, pastikan kamu membeli kosmetik yang dijual oleh distributor resmi agar kamu terhindar dari ancaman kosmetik palsu.

2. Lihat Kandungan

Sebelum membeli kosmetik, Anda harus melihat terlebih dahulu kandungan yang terdapat di dalamnya. Produk yang asli biasanya tidak mengandung zat yang berbahaya. Sebagai konsumen, kamu harus teliti terhadap label kandungan yang terdapat pada produk kecantikan Anda. Jika kamu menemukan zat-zat seperti hidrokinon, merkuri, retinoat, raksa dan resorsinol, jangan sekali-kali membelinya! Hindari produk yang mengandung zat berbahaya karena bisa berakibat iritasi, kerusakan organ dalam bahkan syaraf.

3. Kemasan

Cara membedakan kosmetik asli dan palsu lainnya yaitu bisa dilihat dari kemasan produk. Biasanya produk yang palsu memiliki perbedaan dengan produk yang asli. Maka penting bagi Anda untuk mengetahui seperti apa kemasan produk yang asli sehingga Anda dapat lebih teliti saat membeli produk yang biasa Anda gunakan, apalagi jika Anda membelinya via online.

4. Tekstur dan Warna Cream

Produk yang palsu teksturnya tidak akan sama persis dengan produk yang asli. Selain itu, warna creamnya juga biasanya akan berbeda. Untuk bisa membedakan mana produk asli dan palsu, Anda bisa melihat dari tekstur dan warna cream.

Baca Juga : Salep untuk Jerawat Pasir Dan Bruntusan Di Wajah Yang Paling Ampuh.

5. Mencantumkan kode ijin edar dan tanggal kadaluarsa

Selain mengecek langsung pada kemasan produk, kamu bisa mengecek langsung di situs BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) untuk mengetahui apakah sebuah merk produk kosmetik punya kode izin edar atau tidak. Jangan lupa untuk mengecek pula tanggal kadaluarsanya. Jika kamu nggak menemukan kode ijin edar atau tanggal kadaluarsa pada produk kosmetikmu, mending urungkan niat untuk membelinya.

Editor : Khairul Umam

PESAN TOKOH

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here