2 Oknum Polisi Bengkalis Riau Terlibat Peredaran 1 Kg Narkoba Diciduk

Dua orang oknum petugas Polres Bengkalis diringkus pihak kantornya sendiri lantaran diduga terlibat peredaran narkoba jenis sabtu seberat 1 Kilogram.

357
oknum polisi terlibat narkoba
Ilustrasi oknum polisi terlibat peredaran narkoba. (Foto : lampungnews.com)

Kitakini.news – Oknum polisi kembali terlibat kasus dugaan peredaran narkoba. Kali ini, dua oknum polisi yang bertugas di Polres Bengkalis mencoreng institusi Polri di Riau. Keduanya berhasil ditangkap Sat Narkoba Polres Bengkalis.

Keduanya terlibat kasus dugaan peredaran narkotika jenis sabu seberat 1 Kilogram. Dua oknum polisi tersebut masing-masing IW (36) dan YZ (31). Keduanya diamankan terpisah, Selasa (17/9/2019) lalu.

IW merupakan mantan personel Polres Bengkalis, sementara YZ merupakan oknum petugas Polres Bengkalis.

Kapolres Bengkalis AKBP, Yusup Rahmanto, Sabtu (21/9/2019), membenarkan penangkapan kedua oknum polisi tersebut. Dia menjelaskan, petugas lebih dulu mengamankan IW di Pelabuhan Bandar Laksmana Bengkalis sekitar pukul 14.30 WIB.

Diterangkan Yusup, penangkapan tersebut dilakukan berdasarkan informasi masyarakat yang dipercaya. Disebutkan, akan ada transaksi narkotika jenis sabu di seputaran Pelabuhan Bandar Laksmana pada hari Selasa 17 September 2019.

“Berdasarkan informasi tersebut, Opsnal Sat Narkoba Polres Bengkalis langsung melakukan pemantauan di seputaran TKP (tempat kejadian perkara). Sekitar pukul 14.30 WIB, tim melihat target yang dimaksud dan berhasil mengamankan tersangka IW,” ujar Kasat Narkoba Polres Bengkalis, AKP Syahrizal, mendampingi Kapolres Bengkalis.

Baca Juga : Dua Pria Kantongi Sabu Ditangkap di Medan Denai

Dari penangkapan IW, petugas mengamankan barang bukti diduga narkotika jenis sabu seberat kotor 1.000 gram (1 Kg) beserta barang bukti lainnya.

Ini Peran 2 Oknum Polisi Terlibat Peredaran Narkoba

Setelah tim Opsnal melakukan interogasi terhadap IW, didapat keterangan fakta menarik. Narkotika jenis sabu tersebut akan diberikan kepada seseorang. Barang itu akan diperjualbelikan atas perintah YZ yang merupakan narapidana (Napi) di Lapas Kelas II Bengkalis.

“Keterangan IW bahwa narkoba jenis sabu ini merupakan barang temuan sebulan yang lalu di daerah Jangkang (sebuah desa di Kecamatan Bantan, Bengkalis). Namun karena pelaku tidak tahu cara menjualnya, maka Tersangka IW menghubungi tersangka YZ yang sedang butuh duit di dalam Lapas,” katanya.

Peran Tersangka YZ, lanjut Syahrizal adalah membantu untuk mencarikan orang lain sebagai perantara untuk menjualkan barang haram itu. Kemudian Tersangka YZ minta tolong kepada DW (warga binaan Lapas Bengkalis) agar dicarikan orang lain sebagai pembeli.

“Selanjutnya DW menyuruh orang lain yang tidak dikenal namanya oleh tersangka IW bersepakat untuk bertemu dan bertransaksi di Pelabuhan Bandar Laksmana. Kemudian Tersangka IW ditangkap di TKP oleh petugas Opsnal Sat Narkoba Polres Bengkalis,” kata AKP Syahrizal.

Sebelumnya diberitakan Kitakini News, BNNP Jambi bersama Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jambi dan Polsek Sirolangun berhasil menangkap tiga orang warga Kota Pekanbaru karena membawa 3 Kg sabu. Seorang di antaranya merupakan oknum anggota Polisi yang bertugas di Polresta Pekanbaru berinisial RU (53).

Baca Juga : Balita 18 Bulan Anak Nelayan di Tanjungbalai Alami Gizi Buruk

Ketiganya ditangkap saat melintas di Jalan Lintas Tengah Sumatera, tepatnya depan Polsek Kota, Kabupaten Sarolangun, Kamis Subuh (19/9/2019) sekira pukul 05.30 WIB.

Kontributor : Ferry Anthony
Editor : Khairul Umam

Mutiara Hikmah

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here