3 dari 6 Pelaku Dugaan Pencurian 488 Kotak Suara KPU Simalungun Sumut Diciduk

Tiga dari enam pelaku dugaan pencurian kotak suara KPU Simalungun yang terbuat dari aluminium ditangkap.

123
pencurian kota suara kpu
Tiga tersangka pelaku pencurian ratusan kota suara KPU aluminium saat di ruang Sat Reskrim Polres Simalungun. (Foto : Teguh Suhendri)

Kitakini.news – Satuan Reserse Kriminal Polres Simalungun, berhasil mengamankan tiga dari enam terduga pelaku pencurian kotak suara di Gudang Logistik KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kabupaten Simalungun yang terjadi Selasa (10/9/2019) sekira pukul 15.30 WIB lalu.

Ketiga pelaku yakni HS (40), JS (25) dan JS, (40 ) diamankan berdasarkan laporan Kasubbag Keuangan Umum dan Logistik KPU Simalungun Bando Damanik. Dalam laporanya ke Polres Simalungun, dia mengatakan, Gudang Logistik KPU Simalungun yang berada di Jalan Asahan Komplek Griya Nagori Siantar Estate Kecamatan Siantar Kabupaten Simalungun telah dibongkar.

Bando Damanik mengetahui hilangnya 488 kotak suara KPU tersebut setelah melakukan pengecekan di lokasi Gudang Logistik KPU. Pengecekan yang dilakukan bersama Hendri Panjaitan melihat bahwa pintu yang berada di Lantai II gudang logistik telah rusak dibobol oleh sekelompok maling. Akibatnya sebanyak 488 kotak suara yang terbuat dari aluminium raib dari dalam gudang logistik tersebut.

Setelah melakukan penyelidiakan Unit Jatanras Satreskrim Polres Simalungun berhasil mengamankan tiga dari enam pelaku yang identitasnya telah diketahui. Tersangka HS (40) merupakan warga Jalan Hok Salamuddin Nagori Siantar Estate Kecamatan Siantar Kabupaten Simalungun. JS (25) merupakan buruh pabrik, warga Jalan Naga Bonar Nagori Siantar Estate Kecamatan Siantar Kabupaten Simalungun. Sementara JS (40) warga Jalan Naga Bonar Nagori Siantar Estate Kecamatan Siantar Kabupaten Simalungun.

Menurut keterangan dari Unit Jatanras Polres Simalungun, penangkapan bermula pada Kamis (19/9/2019) sekitar pukul 23.00 WIB. Unit Jatanras Polres Simalungun mendapatkan informasi dari masyarakat. Terduga pelaku pencurian barang logistik terbuat dari Aluminimum sedang berada di Nagori Siantar Estate Kabupaten Simalungun.

Baca Juga : 2 Oknum Polisi Bengkalis Riau Terlibat Peredaran 1 Kg Narkoba Diciduk

Selanjutnya Unit Jatanras Polres Simalungun langsung bergerak ke tempat kejadian perkara (TKP). Petugas berhasil mengamankan tiga orang terduga pelaku pencurian barang logistik milik KPU Simalungun. Sementara tiga pelaku lainya sudah diketahui identitasnya dan masih dalam pengejaran petugas.

Polres Simalungun Lakukan Pengembangan Pencurian Kotak Suara KPU

Kasat Reskrim Polres Simalungun, AKP Muhammad Agustiawan, mengatakan, sementara ini pihaknya masih melakukan pengembangan terkait peristiwa pencurian tersebut. Sementara pihaknya sudah mengamankan tiga pelaku.

“Kita masih melakukan pengembangan, terkait peristiwa pencurian kota suara di gudang logistik KPU, Simalungun. Untuk pelaku sudah ada tiga diamankan dan masih dalam pemeriksaan, guna kita kembangkan,” kata AKP Muhammad Agustiawan.

Saat ditanyai keterkaitan dan modus pencurian, Kasat Reskrim juga mengatakan, aksi pencurian yang dilakukan, semata mata bukan karena, adanya unsur kesengajaan, namun murni aksi pencurian.

Baca Juga : Dua Pria Kantongi Sabu Ditangkap di Medan Denai

“Pencurian ini murni atas niat para pelaku, bukan karena ada unsur lain pak,” katanya.

Kontributor : Teguh Suhendri
Editor : Khairul Umam

Mutiara Hikmah

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here