Benda Sederhana Bisa Jadi Objek Foto Menarik, Ini Tipsnya

Benda sederhana yang terlihat membosankan pun bisa menjadi objek foto yang bagus. Caranya, objek itu harus difoto dengan teknik yang tepat.

72
benda sederhana bisa jadi objek foto
Ilustrasi fotografi. (foto : Merdeka.com/Pixabay)

Kitakini.news – Ternyata, benda sederhana dan yang terlihat membosankan pun bisa menjadi objek foto menarik. Caranya, objek tersebut harus pula difoto dengan teknik yang tepat.

Siapa sangka, sebuah nanas bisa dijadikan objek foto yang menarik, begitu juga dengan susunan buku juga bisa dijadikan objek foto yang menarik pula.

Objek foto menarik nanas dan tumpukan buku
Ilustrasi foto nanas dan tumpukan buku. (foto:Pxhere/Pixabay)

Berikut tips yang diberikan oleh sejumlah photographer ternama seperti Izabella Bedo, Wendy Connett dan Nicolas Ghirlando untuk memotret objek-objek yang membosankan namun bisa terlihat lebih menarik.

Coba Perspektif yang Berbeda

Cari angle yang berbeda dari photographer lain untuk mendapatkan angle yang menarik.

Jadikan Objek Lebih Semarak

Membuat objek foto menjadi semarak tidak sulit. Sobekan kertas warna-warni, taburan glitter dan sedikit cahaya bisa jadi solusi membuat sebuah dekorasi sebagai objek foto.

Baca Juga : Salam Lengkung Medan Sport Fishing.

Gunakan Bokeh Sebagai Latar Belakang

Untuk membuat foto menjadi lebih menarik, gunakanlah bokeh sebagai latar belakang foto.

Kembali ke Alam

Objek foto bisa menjadi lebih menarik bila ada latarbelakang hijau daun ataupun bunga-bunga.

Tonjolkan Detail Dari Jarak Dekat

Untuk menampilkan detail-detail yang unik, objek foto bisa dipotret dari jarak yang sangat dekat.

Pegang atau Genggam

Walau bentuknya terbilang tidak terlalu artistic, namun buah nanas pun bisa terlihat lebih menarik jika dipegang dengan tangan. Hal itu bisa juga dilakukan untuk objek-objek yang lebih kecil.

Jadikan tak Biasa

Objek foto bisa terlihat lebih menarik bila diletakkan di tempat yang tak lazim.

Gunakan Warna Mencolok untuk Kesan Modern

Untuk mendapatkan foto yang bernuansa modern minimalis, gunakanlah kertas warna yang mencolok sebagai backgroundnya.

Letakkan di Dalam Air

Siapa sangka, untuk menghasilkan efek yang menakjubkan di dalam foto, objek foto bisa diletakkan di dalam mangkuk kaca, akuarium dan bahkan di gelas. Untuk untuk mendapatkan hasil terbaik, potretlah dari sudut yang berbeda.

Objek Berjumlah Ganjil Lebih Menarik

Photografer Wendy Connett mengungkapkan objek berjumlah ganjil akan terlihat lebih menarik jika dipotret.

“Angka ganjil lebih menarik daripada angka genap. Misalkan mengambil gambar tiga pohon secara landscape dibandingkan empat atau dua pohon akan lebih menarik,” paparnya seperti dilansir di op Travel Photo Tips from Ten Pro Photographers karya Chuck Delaney.

Objek Foto Menarik Dihasilkan Dari Sumber Pencahayaan Terbaik

Tahukah anda bahwa sinar matahari menjadi sumber pencahayaan yang terbaik. Food stylist dan photografer terkenal Nicolas Ghirlando menyarankan untuk memotret objek di dekat jendela yang mendapatkan cukup cahaya matahari.

“Sinar matahari yang kuat akan menghasilkan bayangan yang tajam. Sementara lampu interior rumah menghasilkan warna yang mengerikan. Usahakan tetap sealami mungkin dan pantulkan cahaya ke area yang gelap dengan beberapa papan putih atau seperti yang kadang saya pakai, talenan putih,” jelasnya.

Baca Juga : Mainkan Game PC Terbaik Ini Di Smartphone Kamu.

Siapkan Properti dan Latar Belakang yang Pas

Pemilihan properti dan latar belakang yang buruk bisa mengganggu keindahan foto. Untuk itu, pilihlah properti dan latar belakang yang bisa menunjang hasil foto kuliner.

“Tak ada makanan yang terlihat indah dengan properti dan latar belakang yang buruk. Hindarkan objek-objek yang bakal menjadi distraksi pada foto. Misalnya saja latar belakang ruangan yang berantakan atau objek kecil yang tidak memberikan nilai estetika pada foto. Sebisa mungkin jangan menggunakan mangkuk dengan mulut yang lebar, karena akan memenuhi frame. Apalagi jika makanan yang dipotret berukuran kecil,” jelas Nicolas.

Efek Berantakan Bisa Memberikan Kesan Artistik

Kesan artistik bisa didapatkan dari hal-hal kecil seperti sedikit remahan biskuit, tetesan saus dan dedaunan yang disebarkan secara acak di sekitar makanan. Hal ini layak dicoba untuk mendapatkan komposisi gambar terbaik.

Selain itu, komposisi objek dan struktur juga menjadi dua hal yang tidak boleh dilupakan untuk mendapatkan angle foto yang menarik.

Sumber : merdeka.com
Editor : Khairul Umam

Mutiara Hikmah

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here