Vinales Ganti Nomor Balap, Ini Kata Marc Marquez

Marquez mengatakan dirinya akan memikirkan mengganti nomor motornya, andai kata Maverick Vinales berhasil mengalahkannya.

48
Marc Marquez dan Maverick Vinales saat duel di lintas MotoGP (foto:Kompas).

Kitakini.news – Juara MotoGP musim lalu Marc Marquez, menganggap keputusan pembalap MotoGP Yamaha Maverick Vinales, yang menggantikan nomor balapnya dari 25 menjadi 12 merupakan keputusan yang aneh.

Marc Marquez sendiri, meski bisa merubah nomor balapnya menjadi no 1, karena memenangi kompetisi MotoGP tapi dia ingin mengubah nomor 93 kebanggaannya.

“Saya tidak tahu mengapa saya tidak memilih berganti nomor. Saya selalu menggunakan nomor 93. memang ada pebalap yang memiliki obsesi yang besar, dan ini berpengaruh pada orang lain dengan dihubungkan dengan takhayul. Tapi saya tidak percaya hal semacam itu,” ucap Marquez dikutip dari Motorsport, Sabtu (5/1/2018) lalu.

“Saya tidak ingat berkompetisi bersamanya saat anak-anak. Kami melakukan balapan tapi itu tidak begitu penting. Dulu saya sempat pakai nomor 3 namun sekarang kita di MotoGP, itu yang paling penting. Kita tidak bisa hidup di masa lalu,” ucap Marquez lagi.

Namun Marquez mengatakan dirinya akan memikirkan mengganti nomor motornya, andai kata Maverick Vinales berhasil mengalahkannya.

Maverick Vinales Ganti Nomor Karena Ingin Lebih Baik

Vinales sendiri, mengganti nomornya karena ingin menyambut era baru bersama crew chiew Esteban Garcia serta coba untuk memperbaiki diri dari kondisi dua tahun ini yang tidak tampil kompetitif. Selain itu Vinales sendiri mengungkapkan nomor 12 yang dikenakannya adalah nomor lama saat dirinya masih membalap sebagai pebalap junior. Saat itu dirinya bisa mengalahkan Marquez dalam kompetisi.

Vinales berharap dengan pergantian nomor motor, ditambah dengan pembaruan yang akan dilakukan oleh Yamaha pada musim 2019 dirinya bisa menjadi lebih baik. Seperti diketahui, penampilan Vinales di musim 2018 tidak sebaik saat awal dia bergabung dengan Yamaha.

Banyak hal menjadi kenadala, paling utama soal performa dan masalah elektronik yang selalu menganggu performanya. Sampai saat ini pun dirinya masih harus menelan pil pahit, karena gagal menuntaskan laga akhir MotoGP 2018 ketika terjatuh sebelum menyentuh garis finish.

“Saya ingin mengubah segalanya, jadi mari kita lihat apakah saya bisa lebih baik dan bersyukur dari sekarang,” kata Vinales.

Beberapa pembalap yang mengubah nomornya antara lain Jorge Lorenzo. Pembalap Spanyol itu mengubah nomor 48 miliknya di 2009 dengan nomor ikonik 99 miliknya. Chris Vermeulen, Sete Gibernau, Collin Edwards, Randy de Puniet juga pernah berganti nomor selama berlaga di MotoGP. Alasan mereka antara lain, ingin mengenang orang terkasih, atau nomor yang mereka inginkan tengah digunakan oleh pembalap lain.

Mutiara Hikmah

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here