Ini Dia 5 Penyebab Gigi Kuning Yang Wajib kamu Tahu!

57
Ini Dia 5 Penyebab Gigi Kuning Yang Wajib kamu Tahu!
Pakai Pemutih Gigi Ternyata Malah Membuat Gigi Kuning Lho, Simak Faktor Lainnya Disini ! – Ind…

Kitakini.news – Tak hanya wajah, memiliki masalah pada gigi seperti gigi kuning juga dapat membuat banyak orang menjadi tidak percaya diri dan tidak pede. Sebaliknya, memiliki gigi yang putih, sehat semerlang tentu dapat membuat rasa percaya diri meningkat dan lebih pede terutama saat memancarkan senyuman bahagia yang menampakkan gigi.

Namun sayangnya, sangat jarang dan susah untuk mempertahankan agar gigi tetap putih seperti saat bayi karena banyaknya penyebab yang dapat membuat gigi menjadi kuning. Apa saja penyebab gigi menjadi kuning? Untuk kamu yang penasaran bisa langsung simak dibawah ya!.

Penyebab Gigi Kuning

1. Karena Kebiasaan Merokok

Kebiasaan merokok menjadi penyebab utama gigi menjadi kuning paling umum yang terjadi pada kebanyakan pria. Merokok bisa menyebabkan noda pada gigi. Tak hanya kuning, bagi pecandu rokok berat bahkan bisa memiliki warna gigi yang kecoklatan atau hitam setelah bertahun-tahun merokok.

Oleh karena itu, jika kamu ingin memiliki gigi yang putih cemerlang berhenti merokok mungkin menjadi salah satu solusi paling bijak.

Bukan hanya dengan menghisap, mengunyah tembakaupun juga memiliki efek yang sama pada gigi. Warna gigi menjadi kuning akibat kandungan nikotin dan tar pada tembangkau yang menempel pada email gigi. Efek inipun bisa terjadi dalam waktu yang benar-benar singkat.

2. Sering Mengonsumsi Buah yang Asam

Meski kaya vitamin, terlalu sering mengonsumsi buah yang asam ternyata juga dapat membuat gigi menjadi kuning lho. oleh karena itu, untuk mencegah dan menjaga gigi agar tetap putih. Sebaiknya kamu harus menyeimbangkan kebutuhan air setelah mengonsumsi buah tersebut.

Selain itu, sering mengonsumsi permen dengan pewarna buatan juga dapat menjadi salah satu penyebab noda gigi atau gigi kuning. Tanda permen mampu meninggalkan noda biasanya bisa dilihat pada pewarna yang tertinggal dilidah setelah selesai memakannya.

3. Terlalu Sering Mengonsumsi Kopi dan Teh

Kandungan kafein yang tinggi pada kopi dan teh dapat mengikis enamel gigi jika dikonsumsi terlalu sering atau berlebihan. Ketika enamel terkikis, noda minuman itu bisa menetap pada dentin (yang alaminya berwarna kuning) sehingga gigi akan bertambah kuning jika tidak segera dikurangi atau dihentikan untuk sementara waktu sampai gigi kembali putih.

Selain itu, kedua minuman tersebut umumnya juga mengandung gula dan kromongen yang tinggi yang dapat menarik perhatian bakteri ke dalam mulut sehingga produksi asam semakin tinggi. Selain dapat menyebabkan gigi menguning, bakteri juga bisa membuat gigi jadi mudah berlubang dan terkena penyakit gigi lainnya.

4. Cara Menyikat Gigi yang Salah

Menyikat gigi tak hanya harus rutin, tetapi juga harus dilakukan dengan cara yang benar. banyak orang yang mengira bahwa menyikat gigi dengan keras atau terlalu kencang bisa membuat noda gigi cepat hilang. padahal, tanpa disadari hal yang kamu lakukan itu justru dapat menjadi penyebab gigi paling umum terjadi lho.

Tekanan yang kuat pada gigi dapat merusak dan mengikis lapisan enamel yang tipis dan mengekspos lapisan dentin, sehingga gigi akan menguning. Jadi, sebaiknya perhatikan cara menyikat gigi kamu. Lakukan secara perlahan dan jangan lagi mengosoknya dengan keras.

5. Terlalu Sering Menggunakan Obat Kumur

Obat kumur yang digunakan untuk bertujuan membunuh kuman dan menyegarkan mulut ternyata juga bisa menyebabkan gigi menjadi kuning lho. Obat kumur memiliki  kadar asam yang tinggi. Jika terlalu sering digunakan akan membuat mulut menjadi kering dan akhirnya merusak email gigi.

Saat mulut kering terjadi, air liur tidak bekerja secara maksimal untuk membantu menjaga kelembaban mulut, mengurangi tingkat keasaman, melumpuhkan bakteri jahat, dan mencegah noda menempel pada enamel. Dengan begitu, gigipun akan menguning dengan perlahan.

 

Mutiara Hikmah

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here