Ternyata Ini Beberapa Kebiasaan Buruk Yang Dapat Memicu Serangan Jantung

160
penyakit jantung
Hindari beberapa kebiasaan buruk penyebab penyakit jantung. (Foto:Rakyatjateng.fajar.co.id)

Kitakini.news – Penyakit jantung atau penyakit kardiovaskuler merupakan penyebab kematian tertinggi setelah stroke menurut data Kementrian Kesehatan Republik Indonesia pada Juli 2017. Penyakit jantung bukanlah penyakit yang menular, kemenkes juga mengatakan bahwa penyakit jantung dapat dicegah. Lalu sebenarnya apakah penyakit jantung atau kardiovaskuler tersebut?.

Menurut WHO (World Health Organization) ada berbagai macam penyakit kardiovaskuler, namun yang paling umum adalah penyakit jantung dan stroke. Penyakit jantung adalah penyakit yang disebabkan oleh beberapa gangguan fungsi jantung dan pembuluh darah. Beberapa kebiasaan buruk yang sering kita lakukan ternyata dapat memicu penyakit jantung. Yuk, simak informasi berikut ini.

Kebiasaan Buruk Pemicu Penyakit Jantung

janrung
Kenali kebiasaan buruk penyebab penyakit jantung. (Foto:idn.times.com)

Terkadang ada beberapa kegiatan atau aktivitas yang sering kita lakukan namun kita jarang sekali menyadari bahwa kebiasaan buruk tersebut dapat memicu penyakit. Berikut ini kebiasaan buruk yang dapat memicu penyakit jantung.

Merokok

Merokok merupakan kebiasaan buruk yang sering kali dilakukan kebanyakan orang. Merokok dapat merusak lapisan pembuluh darah dan dapat menyebabkan peningkatan deposit lemak pada arteri. Sehingga hal ini dapat memicu resiko penyakit jantung koroner. Selain itu perokok pasif juga dapat kemungkinan terserang penyakit jantung.

Tidur Mendengkur

Ketika sudah terlelap tidur, tak jarang tanpa sadar kita sering mendengkur, ternyata mendengkur dapat menghalangi jalan napas dan merampas oksigen dalam tubuh sehingga dapat menyebabkan serangan jantung secara mendadak.

Mengonsumsi Makanan yang Tinggi Kolestrol

Mengonsumsi makanan yang tinggi akan kolestrol dapat membuat timbunan lemak pada tubuh. Timbunan lemak pada tubuh ini akan membuat obesitas.

Baca Juga : Kenali Beberapa Gejala Umum Diabetes Dan Cara Mengatasinya

Tidak Mencuci Tangan

Kebiasaan tidak mencuci tangan sampai bersih dapat membuat atau memaparkan virus menempel pada tangan. Kemungkinan virus akan masuk pada saat tangan dalam keadaan kotor.

Faktor Penyebab Penyakit Jantung

kardiovaskuler
ilustrasi pembuluh darah menggumpal. (Foto:health.detik.com)

Ada beberapa faktor penyebab penyakit jantung :

Obesitas

Kelebihan berat badan ternyata dapat memicu penyakit jantung. Hal ini dikarenakan timbunan lemak yang ada pada tubuh yang dapat menghalangi peredaran darah dan meningkatkan cadangan lemak pada pembuluh darah arteri sehingga dapat menyebabkan resiko penyakit jantung.

Baca Juga : Ini Dia Pola Diet Sehat Untuk Mencapai Berat Badan Ideal

Kurang Aktivitas

Kurang bergerak dan melakukan aktivitas ternyata dapat menyebabkan penyakit jantung. Hal ini dikarenakan ketika tubuh dalam keadaan diam, lemak dalam tubuh tidak terbakar. Penumpukan lemak pada tubuh inilah yang dapat menyebabkan obesitas dan memicu penyakit jantung.

Riwayat Penyakit Keluarga

Apabila ada riwayat penyakit jantung dari keluarga, anda harus mewaspadainya dan mengenalinya sejak dini. Hal ini dilakukan agar mencegah penyakit jantung.

Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggin ternyata dapat memicu serangan jantung. Hal ini disebabkan karena pembuluh arteri yang mengelilingi jantung akan mengeras ketika darah tinggi atau hipertensi.

Jadi, itu dia beberapa informasi seputar penyakit jantung. Maka dari itu kenali dan cari tahu mengenai informasi penyakit jantung sejak dini, agar tidak terlambat untuk mencegahnya. Semoga infromasi ini bermanfaat.

Editor : Khairul Umam

Mutiara Hikmah

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here