Penyebab dan Gejala Penyakit Difteri Yang Dapat Merengut Nyawa

25
penyebab difteri
Kenali gejala penyakit menular dan berbahaya difteri. (Foto: scdc.binus.ac.id)

Kitakini.news – Difteri merupakan suatu penyakit yang disebabkan karena infeksi bakteri Corynabacterium Diphteriae yang menyerang selaput lendir pada hidung dan tenggorokan. Infeksi bakteri ini juga dapat mempengaruhi kulit. Difteri merupakan penyakit menular yang sangat berbahaya. Pasalnya infeksi dari bakteri Corynabacterium Diphteriae ini menjadi penyebab utama penyakit Difteri dan dapat merusak organ dalam tubuh seperti otak, jantung ataupun ginjal.

Infeksi bakteri ini dapat menular melalui cairan mulut atau hidung dari orang yang sudah terinfeksi. Dapat pula menular melalui jari-jari, handuk ataupun makanan dan minuman yang sudah terkontaminasi oleh penderita.

Faktor Penyebab Penyakit Difteri

virus difteri
Penyebab yang mempengaruhi penyebaran bakteri Corynabacterium Diphteriae (Foto: alodokter.com)

Menurut Jurnal Wiyata Penelitian Sains dan Kesehatan yang diterbitkan pada tahun 2017, mengatakan, ada beberapa penyebab yang mempengaruhi penyebaran bakteri yang mematikan ini. Berikut beberapa faktor penyebab penyakit Difteri :

Status Imunisasi

Kekebalan tubuh terhadap infeksi Difteri dipengaruhi oleh adanya antioksin di dalam darah serta bagaimana kemampuan seseorang untuk membentuk antioksin dengan cepat. Maka dari itu WHO (Wold Health Organization) menganjurkan untuk melakukan iminusasi atau suntik vaksin pencegah bakteri ini. Maka seseorang yang belum melakukan vaksin difteri akan memiliki kemungkinan yang tinggi untuk terserang Difteri.

Terkontaminasi Penderita

Menghirup udara yang telah terkontaminasi dengan penderita Difteri, karena penyakit Difteri dapat menular. Infeksi ini tertular melalu air liur, jari-jari, maupun handuk yang sudah terkontaminasi.

Baca Juga : 2 Penderita Difteri Dirujuk ke RSUP H Adam Malik

Gejala Penyakit Difteri

Gejala infeksi Difteri ini akan muncul 2 sampai 5 hari setelah terkontaminasi. Adapun gejala penyakit Difteri adalah sebagai berikut :

  • Demam tinggi
  • Suara serak
  • Batuk
  • Mendadak menggigil
  • Lemas
  • Munculnya benjolan dileher pada bagian kelenjar getah bening yang terasa sakit.

Namun Difteri akan memberikan gejala yang lebih berat lagi ketika tidak ada penanganan, berikut gejala- gejalanya :

  • Jantung berdebar cepat
  • Sesak nafas
  • Keringat dingin
  • Gangguan penglihatan
  • Kulit tampak pucat dan membiru

Baca Juga : Ternyata Ini Beberapa Kebiasaan Buruk Yang Dapat Memicu Serangan Jantung

Bila terjadi gejala-gejala tersebut, segeralah ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan medis dari dokter agar virus tidak menyebar lebih parah.

Editor : Khairul Umam

Mutiara Hikmah

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here