4 Hal yang Membuat Badan Anda Sakit

Jangan terlalu banyak bicara, terlalu banyak tidur, terlalu banyak makan, dan terlalu banyak melakukan hubungan badan.

23
Jagalah sehatmu sebelum datang sakitmu (foto: sobathijrah.com)

Kitakini.news – Terkadang kita sering bertanya-tanya, kenapa badan kita kok sering terasa sakit. Ternyata ada 4 hal yang membuat badan Anda sakit.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman

“Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan mengujimu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami lah kamu dikembalikan,” (Surat al Anbiyaa, ayat 35).

Dilansir dari muslim.or.id (23/2/2009), Sahabat Ibnu ‘Abbas -yang diberi keluasan ilmu dalam tafsir al Qur’an- menafsirkan Surat al Anbiyaa, ayat 35 ini,

“Kami akan menguji kalian dengan kesulitan dan kesenangan, kesehatan dan penyakit, kekayaan dan kefakiran, halal dan haram, ketaatan dan kemaksiatan, petunjuk dan kesesatan,” (Tafsir Ibnu Jarir).

Dari ayat ini, kita tahu bahwa berbagai macam penyakit juga merupakan bagian dari cobaan Allah yang diberikan kepada hamba-Nya. Namun di balik cobaan ini, terdapat berbagai rahasia/hikmah yang tidak dapat dinalar oleh akal manusia.

Ada 4 Hal yang Sering Membuat Badan Anda Sakit

Menurut Dr. ‘Aidh al Qarni, dalam kitabnya “Laa Tahzan” (edisi Indonesia, cet.16, 2005, halaman 393), ada empat hal yang sering membuat badan Anda sakit,

“yaitu, terlalu banyak bicara, terlalu banyak tidur, terlalu banyak makan, dan terlalu banyak melakukan hubungan badan,” ungkap ‘Aidh al Qarni.

Terlalu banyak bicara,

Penyebab badan sakit
Hati-hati, banyak bicara bisa banyak salah (foto: sultanzaid.blogspot.com)

Ternyata terlalu banyak bicara dapat membuat kemampuan otak menurun, membuatnya lemah, dan mempercepat tumbuhnya uban.

Terlalu banyak tidur, bisa membuat badan anda sakit

Tidurlah pada waktunya dan secukupnya (foto: ketahui.com)

Kebanyakan tidur akan membuat wajah menjadi pucat, hati menjadi buta, mata menjadi jelalatan, malas bekerja, cenderung berprilaku kasar, serta penyakit-penyakit lain yang sulit dicari obatnya.

Terlalu banyak makan,

Kebanyakan makan menyebabkan obesitas, dan sesak nafas (foto: beritadunia.net)

Dikutip dari tirto.id (28/6/2017), bagi beberapa orang, makan berlebihan akan menyebabkan rasa kantuk. Penyebabnya adalah lonjakan kadar glukosa dalam tubuh akibat terlalu banyak makan nasi.

Hal ini bisa berimbas pada terganggunya neuron dalam otak yang biasanya memproduksi protein oreksin yang bertanggung jawab membuat Anda terjaga dan awas.

Terlalu banyak melakukan hubungan badan,

Kendalikan syahwat yang berlebih dengan berpuasa sunnah (foto: grid.id)

Kembali lagi, menurut ‘Aidh al Qarni, yang menjelaskan bahwa terlalu banyak melakukan hubungan badan akan membuat badan menjadi lemah,

membuat kekuatan menurun, menurunkan kebugaran tubuh, membuat otot mengendur, dan menimbulkan banyak dampak membahayakan ke seluruh tubuh.

Mutiara Hikmah

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here