Berikut Beberapa Bahan Alami Untuk Meredakan Kolesterol

54
cara mengatasi kolesterol
berikut beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi kolesterol. (Foto:lifestyle.okezone.com)

Kitakini.news – Ternyata ada beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi kolesterol. Kolesterol merupakan lemak yang berguna bagi tubuh, namun apabila kadar kolestrol terlalu tinggi, malah akan menumpuk pada pembuluh darah dan dapat mengganggu jalannya aliran darah. Batas kolesterol yang normal yakni 160-200mg. Kolestrol biasanya disebabkan karena gaya hidup yang tidak sehat, pola makan yang tidak teratur atau riwayat penyakit keluarga.

Menurut Annisa Trie Anna dalam Jurnal Hubungan Kadar Kolestrol LDL yang diterbitkan pada tahun 2012 mengatakan bahwa ada beberapa gejala kolesterol.

  • Rasa sakit atau pegal di tengkuk kepala bagian belakang (terkadang pegal terasa sampai kepundak)
  • Kaki Bengkak
  • Mudah Lelah
  • Sering Mengantuk

Bahan-Bahan Alami Untuk Mengatasi Kolesterol

mengatasi kolesterol
Bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi kolesterol. (Foto:manado.tribunnews.com)

Ternyata kolesterol juga dapat diredahkan atau dicegah dengan menggunakan bahan-bahan alami lho. Berikut beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi kolesterol.

Baca Juga : Ternyata Ini Beberapa Kebiasaan Buruk Yang Dapat Memicu Serangan Jantung

Air Jeruk Nipis

Jeruk nipis memiliki kandungan flavonoid. Flavonoid berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Cukup dengan meminum campuran air jeruk nipis pada pagi dan malam hari. Minumlah secara rutin hingga kadar kolestrol pada batas normal.

Jambu Merah

Dengan memakan atau meminum jus jambu merah kadar kolestrol dapat menurun. Hal ini dikarenakan adanya kandungan antioksidan, vitamin A, vitamin B3, vitamin B6 dan kalium yang berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol.

Kulit Manggis

Selain rasa buah manggis yang enak, ternyata kulitnya juga dapat dimanfaatkan sebagai obat penurun kolestrol. Pasalnya adanya kandungan xanthone pada kulit manggis yang merupakan bahan aktif zat anti kanker dan anti oksidan yang dapat berfungsi untuk menurukan kadar kolesterol yang tinggi.

Apel

Mengonsumsi apel bersamaan dengan kulitnya dapat menurunkan kadar kolesterol, hal ini dikarenakan adanya kandungan pektin pada kulit apel. Pektin berfungsi untuk menyerap kolestrol yang ada pada tubuh dan mengeluarkannya melalui urine dan feses.

Baca Juga : Kenali Beberapa Gejala Umum Diabetes Dan Cara Mengatasinya

Jus Anggur

Anggur memiliki kandungan flavonoid seperti jeruk nipis yang berperan untuk menyerap kadar kolesterol pada tubuh. Kandungan flavonoid pada anggur berfungsi untuk menahan radikal bebas yang masuk kedalam tubuh. Minumlah jus anggur pada pagi dan malam hari secara rutin untuk mengatasi kolesterol.

Editor : Khairul Umam

Mutiara Hikmah

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here