Eko Kuntadhi Sebut Berikan Info Sehat, Haikal Beberkan Fakta Sebaliknya

Pegiat Media Sosial, Eko Kuntadhi dikritik Haikal Hasan soal cuitannya yang dinilai bertentangan dengan ucapannya yang meyebut dirinya sebagai pegiat media sosial memberikan informasi sehat.

822
eko kuntadhi
Haikal Hasan (kiri) dan Eko Kuntadhi (kanan) saat di ILC. (Foto : Youtube/ Indonesia Lawyers Club)

Kitakini.news – Program Indonesia Lawyer Club (Club) di TV One selalu menghadirkan perdebatan yang menarik untuk disaksikan, termasuk pada Selasa (8/10/2019) malam lalu. Dengan tema “Buzzer, Siapa yang Bermain?“, Ustadz Haikal Hassan beberkan hal menarik menanggapi Pegiat Media Sosial (Medsos), Eko Kuntadhi.

Sebelumnya, saat diberikan Presiden ILC, Karni Ilyas, kesempatan berbicara, Eko Kuntadhi cukup santai menyampaikan pendapatnya. Dia mengaku terharu akhirnya bisa diundang di ILC.

Eko Kuntadhi menilai, Medsos dengan platform terbuka seperti Facebook dan Twittter tidak perlu dikhawatirkan. Karena menurutnya bisa langsung dijawab di dalam kolom komentar.

Yang dia khawatirkan yakni kehadiran pesan berantai yang dikirim lewat WhatsApp yang dia nilai lebih pribadi.

Kuntadhi lalu mengaku memiliki cara membendung informasi hoaks yang tersebar melalu WhatsApp.

“Bagaimana cara membendungnya, banjiri media sosial dengan informasi yang sehat. Itu yang Saya lakukan. Saya menulis, tentu saja ada yang beda, ada yang sama, ada yang setuju, ada yang tidak. Jangan juga distempel sebagai buzzer istana, karena ini bagian dari hak demokrasi Saya,” ungkapnya.

Mendapat giliran berkomentar, Haikal Hasan di akhir menyindir pesan bijak Kuntadhi yang dinilai tidak sesuai kenyataannya.

“Serangan Eko (Kuntadhi) dengan Habib Rizieq baru tiga hari yang lalu apa beberapa hari yang lalu pak Eko. Tanggal 6 Oktober ya pak Eko ya. ‘Lihat tu orang. Di zaman Gus Dur, dia jahat. di zaman SBY dia jahat, masuk penjara lagi. Zaman Jokowi jahat, menebar fitnah, kini kabur ke Arab Saudi, masih jahat juga’. Ini nggak mencerahkan, bertentangan dengan apa yang ente katakan barusan,” ujar pria yang biasa disapa Babe Haikal itu disambut tepuk tangan penonton ILC.

Baca Juga : Rocky Gerung : Demonstrasi Itu Hak Untuk Menyatakan Pikiran

Karni Ilyas Jelaskan Hak Jawab ke Eko Kuntadhi

Saat memberikan pernyataan, Presiden ILC, Karni Ilyas juga meluruskan ucapan Eko Kuntadhi soal hak jawab dan Dewan Pers.

“Kita nggak perlu khawatir yang ini (Facebook dan Twitter). Kenapa nggak perlu khawatir, karena otomatis langsung hak jawabnya itu langsung. Nggak pake menunggu Dewan Pers bisa langsung dikomentar. Jadi mau menggiring opini kayak apa kalo setiap orang bisa langsung mengkomentari tulisan Saya, saat itu juga. Sementara kalau tulisan di media mainstream, kan hak jawabnya kan nunggu ke Dewan Pers,” ucapnya.

Karni Ilyas langsung memberikan klarifikasi terkait ucapan pemilik Akun Twitter @eko_kuntadhi dan Facebook Eko Kuntadhi.

“Hak jawab itu bisa diminta segera, langsung. Jadi, seandainya dia tidak melakukan juga, baru pelapor atau korban ke Dewan Pers,” kata Karni Ilyas meluruskan.

Baca Juga : Pakar Hukum Ini Nilai Menkumham Mengundurkan Diri Hindari Masalah

Haikal Hassan Sentil Kuntadhi di ILC

Editor : Khairul Umam

Mutiara Hikmah

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here