YLKI Sumut : Tarif Angkutan Penyeberangan Harus Sesuai Kemampuan Konsumen

Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Sumut, Abubakar Siddik menyarankan penetapan tarif angkutan penyeberangan kapal laut disesuaikan dengan kemampuan konsumen.

29
tarif angkutan penyeberangan
Kapal penyeberangan Roro. (foto : pojoksatu.id)

Kitakini.news – Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Sumut, Abubakar Siddik menyambut baik Rancangan Peraturan Menteri (RPM) Perhubungan dalam penetapan tarif angkutan penyeberangan kapal laut.

Walau demikian, kata dia, menentukan kebijakan kenaikan tarif penyeberangan haruslah sesuai kemampuan bayar konsumen. Karena pengguna kapal laut masih ada dari menengah ke bawah.

“Kita menyambut baik pemerintah untuk rancangan kenaikan tarif angkutan penyeberangan laut. Tetapi, dalam menentukan kebijakan tarif harus lah diperhatikan soal keadilan tarif yakni berarti adil bagi konsumen dan kemampuan dalam membayarnya,” ujar Abubakar Sidik menjawab Kitakini News perihal pemerintah berencana menaikkan tarif tersebut.

Diterangkannya, pendapatan ekonomi masyarkat saat ini sangat berkurang dan tidak seperti dulu lagi. Oleh sebab itu, pemerintah juga harus menyesuaikan kenaikan tarif yang akan dilakukan tersebut.

“Selain memperhatikan sesusai kemampuan bayar konsumen dalam hal ini masyarkat, pemerintah juga harus menyesuaikan tarifnya yang akan dinaikan. Jangan tarifnya naik, tapi tak sesuai diharapakan,” terangnya.

Dari itu, Abubakar Siddik menyarankan mekanisme penetapan dan formula perhitungan tarif serta penyesuaian tarif antar provinsi itu haruslah benar-benar disesuaikan.

“Masyarakat tidak ada mempersoalkan soal kenaikan tarif, jika harganya disesuaikan. Namun, bila tidak sesuai konsumen tentunya mereka merasa keberatan,” imbuhnya.

Baca Juga : Toba Kaldera Resort seperti Nusa Dua Bali akan Hadir di Kawasan Danau Toba

Kenaikan Tarif Angkutan Penyeberangan Sudah Dirumuskan

Seperti diketahui, pemerintah berencana menaikkan tarif tersebut. Kebijakan itu secara konkret diterapkan melalui perubahan sejumlah regulasi setingkat peraturan menteri.

Perumusan aturan itu sudah masuk tahap uji publik mulai Selasa (8/10/2019) lalu. Ditandai dengan berlangsungnya rapat uji publik RPM Perhubungan tentang Mekanisme Penetapan dan Formula Perhitungan Tarif serta Penyesuaian Tarif Angkutan Penyeberangan Antarprovinsi.

Reporter : Rahmad Hidayat
Editor : Khairul Umam

Mutiara Hikmah

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here