Wajib Dihindari, Ini Beberapa Makanan Penyebab Asam Urat

14845
makanan penyebab asam urat
Berikut ini beberapa makanan penyebab asam urat yang wajib dihindari. (Foto: suara kompas.com)

Kitakini.news – Asam urat merupakan penyakit yang menyerang pada bagian sendi. Biasanya, gejala yang ditimbulkan yaitu rasa nyeri dan panas pada bagian sendi. Beberapa area yang umum terserang asam urat adalah telapak tangan, telapak kaki dan bagian lutut. Tapi tahukah kamu, ternyata, makanan juga bisa menjadi penyebab asam urat.

Menurut para pakar kesehatan, beberapa faktor penyebab asam urat adalah faktor keturunan, karena mengkonsumsi obat-obatan tertentu, serta faktor makanan atau minuman.

Makanan yang menjadi penyebab munculnya asam urat biasanya adalah makanan yang memiliki kandungan purin yang tinggi. Purin merupakan senyawa yang dapat mengkatkan asam urat melaluli aliran darah. Berikut beberapa daftar makanan penyebab asam urat yang harus dihindari oleh penderita asam urat.

Makanan Penyebab Asam Urat

makanan penyebab asam urat
Ternyata daging merah menjadi salah satu penyebab asam urat.

Daging Merah

Daging merah seperti sapi dan kambing memiliki kandungan purin yang sangat tinggi. Kandungan purin yang tinggi ini dapat menyebabkan asam urat meningkat. Untuk melengkapi kebutuhan protein, sebaiknya konsumsi daging merah dalam jumlah yang sedikit. Anda juga dapat mengganti daging merah dengan daging putih seperti ayam untuk memenuhi kandungan protein.

Makanan Laut

Udang, kepiting, lobster dan ikan teri merupakan salah satu dari beberapa makanan laut yang tinggi akan kandungan purin. Sebaiknya, konsumsi beberapa makanan laut yang tinggi akan kandungan purin dalam jumlah yang sedikit. Anda dapat mencoba makanan laut lainnya yang memiliki kandungan purin yang lebih sedikit seperti ikan salmon.

Baca Juga : Minuman Trending Bubble Tea, Ternyata Berbahaya dan Dapat Memicu Berbagai Penyakit

Jeroan Merupakan Makanan Penyebab Asam Urat

Jeroan atau bagian dalam hewan yang terdiri dari hati, ampela, paru, otak atau usus biasanya akan terasa lebih gurih. Namun ternyata, makanan seperti jeroan ini harus sangat dihindari oleh para penderita asam urat. Pasalnya, jeroan memiliki kandungan purin yang sangat tinggi. Oleh karena itu, para pengidap asam urat disarankan untuk sangat menghindari makanan ini.

Sayuran Dengan Kandungan Purin Tinggi

Ada beberapa sayuran tertentu yang memiliki kandungan purin yang tinggi. Beberapa contoh sayuran yang memiliki kandungan purin yaitu seperti sayur kol, bayam, daun papaya dan kankung. Walaupun terdapat kandungan purin, beberapa sayuran ini tidak menyebabkan asam urat lebih cepat dibandingkan dengan daging merah. Oleh karena itu, konsumsi sayuran-sayuran ini dalam jumlah yang tidak berlebihan.

Baca Juga : Kenali Sejak Dini Ciri-Ciri Kanker Payudara Sebelum Terlambat!

Kacang-Kacangan

Beberapa macam kacang-kacangan seperti melinjo, kacang hijau dan kacang tanah ternyata kacang jenis ini memilki kandungan purin yang sangat tinggi sehingga dapat memicu asam urat. Konsumsi kacang-kacangan tersebut dalam jumlah yang sedikit dan jangan sampai berlebihan untuk mencegah meningkatnya kadar asam urat.

Editor : Khairul Umam

Mutiara Hikmah

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here