Fakta Dibalik Kutil Yang Merupakan Infeksi Kulit Menular

316
penyebab kutil
kutil merupakan infeksi kulit yang disebabkan oleh virus HPV. (Foto:idntimes.com)

Kitakini.news – Kutil merupakan infeksi pada permukaan kulit yang ditandai dengan benjolan berwarna coklat seperti warna kulit dan bertekstur agak kasar. Penyebab kutil dikarenakan adanya virus Human Pappiloma Virus (HPV) pada permukaan kulit. Virus ini biasanya menyerang permukaan kulit dengan cara memproduksi keratin yang banyak.

Produksi keratin yang berlebihan dapat menumpuk pada permukaan kulit sehingga dapat menyebabkan adannya benjolan kasar pada bagian permukaan kulit yang disebut dengan kutil.

Virus HPV ini ternyata dapat tersebar dan berpindah ke orang lain. Penyebaran virus ini biasanya melalui sentuhan secara langsung dengan pemilik kutil pada kulit. Akan tetapi, tidak semua orang dapat terserang virus HPV tersebut, karena sistem kekebalan tubuh setiap orang berbeda-beda.

Biasanya kutil tumbuh pada bagian jari tangan, lengan atau kaki. Berikut ini beberapa penyebab utama munculnya kutil dan cara mengatasi kutil dengan cepat.

Penyebab Munculnya Kutil

penyebab kutil
Beberapa penyebab kutil. (Foto:rumus.web.id)

Kutil muncul karena adanya virus human pappiloma virus (HPV). Biasanya virus ini mudah tersebar melalui sentuhan langsung. Namun ternyata, virus ini juga dapat tersebar melalui peralatan seseorang yang sudah terpapar virus HPV. Virus akan mudah menyebar di daerah atau peralatan yang lembab seperti handuk, kaos kaki dan selimut.

Biasanya virus ini akan menyerang kepada seseorang yang memiliki tingkat imun yang rendah, gejala yang muncul ketika terjadi kutil yakni :

  • Adanya benjolan pada daerah permukaan kulit
  • Benjolan tersebut biasanya kasar
  • Beberapa kutil akan terasa sakit apabila ditekan
  • Pada umumnya memiliki warna yang sama dengan warna kulit

Baca Juga : Penyebab Radang Amandel Yang Belum Banyak Diketahui

Cara Mengatasi Kutil Dengan Mudah

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengatasi kutil. Banyak orang yang menggunakan cara yang instan yaitu melalui operasi pengangkatan kutil. Namun biasanya, biaya yang dikeluarkan dapat merogoh kocek yang sangat dalam. Lalu bagaimanakah cara mengatasi kutil?

Baca Juga : Wajib Dihindari, Ini Beberapa Makanan Penyebab Asam Urat

  • Hindari kontak langsung dengan orang yang telah terpapar virus HPV
  • Jaga kebersihan tubuh, jangan biarkan tubuh dalam keadaan lembab
  • Jangan menggaruk kutil
  • Gunakan asam salisilat sebagai peeling scrub untuk dapat mengangkat kutil. Letakkan asam salisilat pada kutil, diamkan beberapa saat hingga mengering, kemudian gosok secara perlahan dan lakukan secara rutin.
  • Asam bikloroasetik juga dapat digunakan sebagai peeling scrub untuk mengangkat kutil, namun gunakan dalam kadar yang sedikit, pasalnya bahan ini akan memberikan rasa terbakar pada bagian kutil yang diolesi.

Editor : Khairul Umam

Mutiara Hikmah

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here