Cara Mengatasi Kulit Wajah Yang Mengelupas Beserta Penyebabnya

55
Cara Mengatasi Kulit Wajah Yang Mengelupas Beserta Penyebabnya
Tabloid Nova - Grid.ID Kulit Mengelupas Bikin Tak Pede? Yuk Atasi dengan 5 Bahan ...

Kitakini.news – Semua wanita pasti merasa sebal jika kulit wajahnya terlihat kering, perih, bahkan mengelupas. tak hanya sebal, hal ini pun juga bisa membuat banyak wanita menjadi tidak percaya diri. terutama saat menggunakan make up yang tentu hasilnya tidak bisa sesempurna saat kulit tidak mengelupas. Namun jangan khawatir, karena disini ada cara mengatasi kulit wajah yang mengelupas dengan mudah lho. baca lanjut untuk mengetahuinya!.

Kulit mengelupas tak hanya terjadi pada wajah saja, kulit tubuh yang lain seperti tangan, kaki, atau area tubuh lainnya pun juga bisa mengalaminya.  Nah sebelum mengetahui cara mengatasinya, sebaiknya ketahui dulu apa saja penyebab kulit wajah mengelupas dibawah ini.

Penyebab Kulit Wajah Mengelupas

Reaksi Alergi

Penyebab Kulit wajah yang mengelupas yang pertama bisa disebabkan akibat Reaksi Alergi kosmetik atau produk perawatan wajah yang kamu gunakan. Saat mengalami reaksi alergi, kulit akan terititasi dan kondisi ini memicu pengelupasan di wajah.

Terbakar Sinar Matahari

Meski bermanfaat dan menyehatkan ternyata sinar matahari juga bisa menjadi salah satu musuh bagi kesehatan kulit. Bukan cuma bikin kulit jadi gelap atau belang, terkena sinar matahari terlalu lama juga sering menyebabkan kulit menjadi merah, meradang dan mengelupas.

Infeksi Jamur

Infeksi Jamur Infeksi jamur seringkali muncul pertama kali di kulit. Selanjutnya, kulit yang terkena infeksi Jamur ini akan mengering dan kemudian mengelupas. Kemerahan dan pembengkakan juga bisa menyertai kondisi ini.

Itulah beberapa penyebab kulit wajah mengelupas yang bisa kamu ketahui. Nah, untuk kamu yang juga ingin tahu beberapa cara mengatasi kulit wajah yang mengelupas bisa simak langsung di bawah ini ya!.

Cara Mengatasi Kulit Wajah Mengelupas

1. Minum Air Putih Yang Cukup

cara mengatasi kulit wajah mengelupas dengan minum air putih yang cukup
Sriwijaya Post – Tribunnews.com
Boleh Dicoba! 5 Khasiat Minum Air Putih Untuk Kecantikan …

Minum air putih yang cukup adalah salah satu cara paling mudah untuk mengatasi kulit wajah yang mengelupas. Minum air putih bukan hanya bisa menghidrasi tubuh tapi juga kulit. jadi, pastikan kamu selalu memenuhi kebutuhan cairan dengan minum minimal 8 gelas air putih setiap hari. Semakin banyak cairan yang kita minum, maka pengelupasan kulit akan semakin berkurang dan segera pulih. Selain itu, perbanyak juga mengonsumsi sayur dan buah.

2. Pakai Pelembab

Facetofeet.com
7 Kesalahan Ini Paling Sering Dilakukan Orang Saat Pakai …

Rutin menggunakan pelembab atau moisturizer setelah mencuci muka dapat mengunci kelembaban kulit wajah. sehingga cara ini dapat membantu menghilangkan pengelupasan kulit yang disebabkan oleh kulit kering. Pilihlah produk pelembab yang cocok untuk kulit kering. Selain pelembab, jangan lupa juga olesi tabir surya untuk menjaga kulit agar tetap lembab dan terlindungi dari sinar matahari yang juga menjadi penyebab kulit mengelupas lainnya.

3. Pakai Bahan Alami

Intisari Online – Grid.ID Punya Masalah Perut Kronis? Cobalah Campuran Lidah Buaya dan …

Kamu bisa memanfaatkan bahan alami yang ada dirumah untuk mengatasi kulit wajah mengelupas selanjutnya. Salah satunya yaitu dengan menggunakan lidah buaya dan madu. kedua bahan alami ini telah dipercaya akan khasiatnya mampu melembabkan dan menenangkan kulit yang iritasi,  termasuk juga untuk kasus kulit kering dan mengelupas.

Caranya mudah, cukup olesi gel lidah buaya atau madu pada area kulit yang iritasi secara rutin. perlu diketahui bahwa kita hanya perlu mengoleskan bahan alami ini pada area kulit yang mengelupas, bukan digosokkan ke seluruh permukaan kulit. dengan fokus pada kulit yang bermasalah, hasilnya akan lebih maksimal dan mencegah pelebaran iritasi ke area kulit yang lainnya.

4. Kompres Air Dingin

kanal247.com
Kompres Wajah dengan Air Dingin Membuat Pori-Pori Menutup

Rendam kain bersih dengan air dingin, lalu peras kain hingga air tidak banyak menetes. Letakkan kain tersebut kearea kulit yang mengelupas. Diamkan kain dikulit selama 5-10 menit untuk mendinginkan kulit wajah. setelah itu, bilas kain tersebut dengan air dingin lagi dan kompres kembali sesuai kebutuhan.

5. Keringkan Wajah Dengan Lembut

Atasi Kulit Kusam Saat Menstruasi Dengan Handuk Hangat Ini | Maystar Cosmetica

Sehabis mencuci wajah, lap lah wajah dengan handuk yang berbahan lembut. Karena jika kamu mengeringkan wajah dengan kain yang berbahan kasar bisa merusak kulit dan memicu kulit mengelupas. Selain itu, jangan menggosok-gosok wajah dengan handuk untuk mengeringkannya. Sebaiknya, tepuk-tepuk pelan dan perlahan permukaan kulit agar kulit tetap halus.

 

Mutiara Hikmah

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here