Tingkatkan Perekonomian Riau, Produksi Hortikultura Harus Dikembangkan

Meningkatkan perekonomian masyarakat di Provinsi Riau bisa digerakkan dengan mengembangkan produksi hortikultura cabe, kelapa, rumput laut, peternakan, kopi liberika, pinang, ubi racun dan perikanan.

34
perekonomian riau
Berbagai jenis tanaman hortikultura. (foto : mediatani.co)

Kitakini.news – Meningkatkan perekonomian masyarakat di Provinsi Riau bisa digerakkan dengan mengembangkan produksi hortikultura seperti cabe, kelapa, rumput laut, peternakan, kopi liberika, pinang, ubi racun dan perikanan.

Hal ini diungkapkan oleh Asisten Deputi (Asdep) Lingkungan dan Kebencanaan Maritim Kemenko Kemaritiman dan Investasi RI, Sahat Panggabean, saat menghadiri rapat kerja penanganan mangrove dan wilayah terluar Riau, di Pekanbaru, Selasa (05/11).

Sahat Panggabean menyebutkan, pengembangan lokomotif ini diharapkan mampu memberikan nilai tambah, daya saing serta dapat diterima oleh masyarakat luas.

“Jadi kita tidak hanya fokus pada kerusakan lingkungannya saja, namun kita berupaya untuk mengangkat potensi yang ada di Riau. Terutama daerah perbatasan yang rawan Narkoba dan kerusakan lingkungan,” ujarnya.

Sahat Panggabean menambahkan, kopi liberika dari daerah Kepulaun Meranti yang ditanam di daerah gambut bisa menjadi salah satu contoh ikon menariknya Riau. Pemerintah, sebutnya, bisa mencarikan teknologi mulai dari budi daya hingga pasca panen kopi tersebut.

“Kita punya potensi kenapa tidak kita kembangkan. Mari kita mencari keunggulan kita dan menjadikan potensi untuk mengangkat ekonomi masyarakat,” katanya.

Baca Juga : Ekonomi Riau Triwulan III Melambat Dibandingkan Triwulan yang Sama Tahun Lalu

Tingkatkan Perekonomian Riau, Provinsi Ini Harus Jadi Produsen Barang Siap Pakai

Selain itu, ia juga menuturkan bahwa Riau bisa membangun pusat industri untuk potensi pertanian masyarakat Riau.

Menurutnya, banyak yang bisa diolah dengan teknologi, sehingga Riau tidak hanya penghasil barang mentah tetapi juga barang siap pakai dan siap untuk dipasarkan.

Kontributor : Ferry Anthony
Editor : Khairul Umam

Mutiara Hikmah

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here