Yakin Mau Menato Tubuh? Yuk Simak Bahaya Tato Berikut Ini

83
bahaya tato
bahaya tato yang dapat mengganggu kesehatan tubuh. (Foto:bebasshareid.blogspot.com)

Kitakini.news– Trend menggunakan tato saat ini sangat ramai dikalangan remaja maupun orang dewasa. Beberapa orang yang memasang tato biasanya dikarenakan mengagumi karya seni ata pun hobi mengkoleksi berbagai corak tato ditubuhnya. Sehingga tak jarang mereka mengesampingkan dampak atau bahaya memasang tato.

Menurut studi penelitian yang dilakukan di Australia, beberapa tinta untuk membuat tato memiliki komposisi senyawa kimia yang berbahaya seperti karsinogenik.

Karsinogenik merupakan zat yang dapat menyebabkan kanker. Zat-zat karsinogen ini mengubah asam deoksiribonukleat(DNA) dalam sel-sel tubuh sehingga dapat mengganggu proses-proses biologis dalam tubuh. Berikut beberapa bahaya tato yang dapat menyerang kesehatan tubuh.

Bahaya Tato Bagi Kesehatan Tubuh

tato berbahaya bagi tubuh
Bahaya tato: (foto: Hipwee.com)

Beberapa bahan-bahan yang terkandung dalam zat pewarna tato biasanya mengandung senyawa kimia yang dapat membuat infeksi pada kulit, alergi dan meningkatkan resiko terserang kanker. Apakah tato sebahaya itu? berikut informasinya.

Baca Juga : Minuman Trending Bubble Tea, Ternyata Berbahaya dan Dapat Memicu Berbagai Penyakit

Bahaya Tato Dapat Membuat Infeksi Pada Kulit

Ternyata, tato dapat membuat infeksi pada kulit, hal ini bisa terjadi dikarenakan beberapa hal seperti peralatan yang tidak steril, peralatan yang tidak steril ini dapat meningkatkan resiko terserang virus dan bakteri. Yang paling parah lagi adalah virus HIV dan Hepatitis melalui peralatan tato yang tidak steril.

Setelah membuat tato, bagian kulit yang ditato akan berubah warna menjadi merah, bengkak dan akan menimbulkan rasa nyeri. Apabila beberapa ciri ini tak kunjung berhenti dalam jangaka waktu yang cukup lama, segeralah konsultasikan kepada dokter spesialis kulit.

Membuat Kulit Menjadi Alergi

Bahan pewarna yang digunakan untuk tato biasanya mengandung zat kimia yang dapat membuat beberapa kulit menjadi gatal. Selain itu, peralatan yang digunakan untuk membuat tato biasanya terbuat dari bahan logam.

Apabila bahan logam tidak dibersihkan hingga steril, hal ini dapat menyebabkan penyebaran bakteri serta virus pada logam yang tidak steril yang menyebabkan alergi pada kulit.

Meningkatkan Resiko Kanker

Beberapa bahan pewarna yang digunakan untuk menato tubuh seringkali menghasilkan zat karsinogenik. Zat karsinogenik ini dapat merusak kerja biologis tubuh, selain itu zat karsinogenik juga dapat memicu resiko terserang kanker.

Baca Juga : Sering Kerokan Saat Masuk Angin, Kira-Kira Bahaya Nggak Ya?

Menghambat Keluarnya Keringat

Sebuah studi mengatakan bahwa menggambar tato pada anggota tubuh dapat membuat tubuh hanya mengeluarkan 50 persen cairan keringat, hal ini dikarenakan tinta pewarna yang sudah menempel pada tubuh dapat menghambat pori-pori pada dikulit. Sehingga hal ini dapat menghambat pengeluaran racun dari didalam tubuh melalui cairan keringat.

Oleh karena itu sebaiknya hindari menato tubuh agar terhindar dari berbagai macam penyakit yang dapat menyerang kulit serta kesehatan tubuh.

Editor : Khairul Umam

Mutiara Hikmah

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here