Tahukah Anda, Siapa Saja Orang-Orang yang Mendustakan Agama ?

“… Pada hari ini telah Aku sempurnakan untukmu agamamu, dan telah Aku cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Aku ridhoi Islam sebagai agama bagimu …” (Surat al Maaidah, 3).

35
Mendustakan agama
Sholatlah hatimu peka dan peduli. Sholat itu mencegah perbuatan keji dan munkar (foto: edited from google.com)

Kitakini.news – Agama adalah Ajaran dan Peraturan yang datang dari Tuhan sebagai panduan kehidupan manusia. Tahukah Anda, siapa saja orang-orang yang mendustakan agama ?

Ketika manusia tidak mengikuti panduan hidupnya, maka kerusakan-kerusakan akan terjadi pada kehidupannya.

Hanya sebagai pendekatan pemahaman (bukan maksud untuk merendahkan Tuhan),

bahwa sebuah robot, jika menghidupkannya tidak sesuai panduan yang dibuat oleh pabrik / penciptanya, maka robot tersebut akan rusak. Maka begitu juga dengan manusia.

Jika menghidupkan manusia tidak sesuai dengan panduan penciptanya tentu manusia akan rusak. Dan bagi Agama Islam, al Quran adalah kitab panduan mutakhir dari kitab-kitab sebelumnya, sebagai penyempurna panduan kehidupan.

Sebagaimana Allah berfirman,

“… Pada hari ini telah Aku sempurnakan untukmu agamamu, dan telah Aku cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Aku ridhoi Islam sebagai agama bagimu …” (Surat al Maaidah, 3).

Inilah Orang-Orang yang Mendustakan Agama

Dalam firman-Nya, Allah Subhanahu Wa Ta’ala, menjelaskan di dalam al Quran, dari isi kandungan Surat al Ma’un, ayat 1-7, bahwa ada 5 (lima) manusia yang mendustakan agama, yaitu,

1. Manusia yang menghardik anak yatim

2. Manusia yang tidak mau memberi makan orang miskin

3. Manusia yang celaka, karena lalai dari sholatnya

4. Manusia Riya (ingin disanjung manusia lain karena amalannya)

5. Manusia yang tidak mau membagikan hartanya yang berguna (al ma’un) bagi orang lain.

al-Maun artinya “barang-barang yang berguna,”. Surat al Ma’un ini merupakan Surat ke-107 di dalam al Quran.

Surat ini turunnya di Mekkah. Yang mana, menurut Syaikh Wahbah al-Zuhaili, yang mengikut pada pendapat dari Ibnu Jarir, menyatakan,

“bahwa salah satu sebab ayat ini diturunkan adalah untuk menegur Abu Sufyan, orang yang sering menyembelih onta.

Namun ketika seorang anak yatim meminta, Abu Sufyan menolak bahkan memukul anak yatim tersebut. Lalu turunlah surah ini,”.

Nah, Apakah Anda termasuk dalam golongan manusia seperti yang disebutkan di atas?. Jika Anda termasuk salah satu dari lima manusia tersebut,

maka segeralah keluar dari golongan manusia tersebut. Dan berdoa lah untuk mengharapkan pengampunan kepada Allah Subahanahu Wa Ta’ala, agar Anda tidak disebut Allah, “orang yang mendustakan agama,”.

Wallahu a’lam,

Mutiara Hikmah

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here