Penemuan 6 Ladang Ganja Terbesar di Indonesia Sejak Juli 2019

Ada 6 penemuan ladang ganja terbesar di Indonesia sejak Juli hingga November 2019, bahkan salah satunya ada yang seluas 5 hektare.

187
ada 6 penemuan ladang ganja terbesar
Berikut ada 6 penemuan ladang ganja terbesar di Indonesia (foto: kitakini)

Kitakini.news – Pemberantasan narkoba di Indonesia dilakukan dengan cara memusnakan ladang ganja salah satunya. Tak tanggung-tanggung, penemuan ladang ganja berikut ini merupakan yang terbesar ditemukan mulai Juli hingga awal November 2019. Beberapa diantaranya bahkan ada yang seluas 5 hektare.

Untuk itu, Kitakini News merangkum penemuan enam ladang ganja terbesar di Indonesia sejak Juli hingga awal November 2019 melalui berbagai pemberitaan media online.

1. 2 Hektare Ladang Ganja Ditemukan di Mandailing Natal

ladang ganja 2019
2 hektare ladang ganja ditemukan di Madina (foto : kitakini.news)

Tim gabungan yang terdiri dari Badan Nasional Narkotika Provinsi (BNNP) Sumatera Utara dan Badan Nasional Narkotika Kabupaten (BNNK) Mandailing Natal (Madina), BNNK Tanjung Balai kemudian BNNK Asahan serta Polres Madina menemukan 2 hektare ladang ganja.

2 hektare ladang ganja tersebut termasuk terbesar ke dua yang ditemukan di wilayah Tor Sihite, Desa Banjar Lancat, Kecamatan Panyabungan Timur, Kabupaten Mandailing Natal pada Minggu (03/11/2019). Pemilik lahan tidak ditemukan dalam operasi tersebut namun pihak kepolisian akan tetap mencarinya.

Operasi gabungan tersebut dilakukan sekitar pukul 07.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Setelah menyususri wilayah tersebut, petugas menemukan 2 hektar ladang yang berisi tanaman ganja sekitar 7.500 batang. Dengan ketinggian 1 meter hingga 3 meter dan diperkirakan usia tanaman sekitar 5 bulan yang sudah siap panen.

Selengkapnya : 2 Hektar Ladang Ganja Ditemukan di Mandailing Natal

2. 5 Hektare Ladang Ganja Juga Ditemukan di Madina

ladang ganja 2019
Pemusnahan ladang ganja yang ditemukan di Sumatera Utara (foto : sindonews.com dan medanbisnisdaily.com)

Ladang ganja seluas 5 hektare ditemukan di dalam hutan di Bukit Tor Simartawa, Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara. Ladang ganja siap panen tersebut termasuk yang terbesar ditemukan oleh Satresnarkoba Polres Mandailing Natal dan Direktorat Narkoba Polda Sumatera Utara, Senin (09/09/2019).

Dilansir melalui sindonews edisi Selasa (10/09/2019), kasus penemuan ladang ganja ini berawal dari informasi masyarakat khususnya petani setempat. Saat proses penyusuran, tim membutuhkan waktu lima hari untuk menyusuri perbukitan dan akhirnya menemukan ladang ganja tersebut.

Baca Juga : Tim PAUS Polres Asahan Temukan Sabu tak Bertuan di Semak Belukar

Saat ditemukan, usia pohon ganja bervariasi, yaitu antara 3 bulan hingga 6 bulan. Setidaknya ada 30.000 batang pohon ganja yang ditanam di lokasi tersebut. Petugas kemudian mengamankan sebagian barang bukti untuk dibawa ke Mapolres Madina. Sementara sisanya dimusnakan dengan cara dibakar dilokasi penemuan. Saat itu pemilik ladang masih dalam proses pengejaran.

3. 10 Ton Ganja Ditemukan di Aceh

penemuan ladang ganja 2019
Penemuan ladang ganja di Kabupaten Aceh Besar (foto : beritasatu.com dan bnn.co.id)

Badan Narkotika Nasional (BNN) menemukan ladang ganja di sekitaran gunung Seulawah Agam, Desa Pulo, Kecamatan Seulimeum, Kabupaten Aceh Besar. Sebanyak 40.000 batang pohon ganja ditemukan diatas lahan seluas 1000 m2 pada Kamis (29/8/2019).

Dilansir melalui beritasatu.com edisi Jumat (30/8/2019), saat ditemukan ketinggian pohon berkisar 50-380 cm dan total berat basah sekitar 10 ton. Kabag Humas dan Protokol BNN, Kombes Pol Sulistyo Pudjo Hartono mengatakan, penemuan ladang ini merupakan yang ke-10 dari target 8 titik di tahun 2019.

4. 3.700 Batang Pohon Ganja Ditemukan di Sumsel

barang bukti
Barang bukti yang diamankan pihak kepolisian (foto : mediaindonesia.com)

Personel gabungan yaitu Polres Mura, Polres Lubuklinggau dan Direktorat Narkoba Polda Sumsel meneukan ladang ganja pada Jumat (02/08/2019). Ladang ganja terbesar tersebut ditemukan di Desa Sukaraja, Kecamatan Karang Jaya, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Sumatera Selatan.

Dilansir melalui mediaindonesia edisi Minggu (04/08/2019), tim menemukan dua lokasi ladang ganja. Yang pertama ditemukan 3.000 batang ganja yang siap panen diatas tanah seluas 1,5 hektare. Penemuan yang kedua, ditemukan 700 batang pohon ganja diatas tanah seluas 1 hektare.

Baca Juga : Ini Dia 5 Kasus Perdagangan Manusia yang Terungkap di Tahun 2019

Lokasi penemuan tersebut merupakan daerah pegunungan yang dikenal dengan bukit barisan. Suasana dan kondisi alamnya cenderung dingin, sehingga cukup untuk tumbuh dan berkembangnya tanaman ganja di wilayah tersebut. Pihak kepolisian masih terus mengembangkan kasus tersebut.

5. 5 Hektare Ladang Ganja Ditemukan di Aceh Utara

ladang ganja 2019
Dua tersangka pekerja di ladangganja yang ditemukan di Aceh Utara (foto : kompas.com)

Seluas 5 hektare ladang ganja ditemukan di Desa Lancok, Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Utara pada Rabu (17/7/2019). Anggota kepolisian dari Polres Lhokseumawe dan Polsek Sawang, Aceh Utara juga mengamankan dua tersangka berinisial MU (36) dan SF (26). Keduanya merupakan pekerja di ladang ganja tersebut.

Sebagaimana dilansir dari kompas edisi Jumat (19/07/2019), sebelumnya pihak kepolisian mendapatkan informasi adanya ladang ganja di lokasi tersebut. Sekitar pukul 03.00 WIB dini hari tim kepolisian mendatangi perkebunan yang terletak di pedalaman Aceh Utara tersebut.

Dilokasi terdapat sebuah gubuk yang berisi empat orang yang diduga merupakan pekerja di ladang tersebut. Namun saat hendak ditangkap, dua orang lainnya berhasil melarikan diri.

Baca Juga : Tiga Peristiwa Wartawan yang Ditemukan Tewas di Indonesia

Ladang ganja yang berhasil ditemukan dimusnakan dengan cara dibakar dan sebagian dibawa ke Mapolres Lhokseumawe sebagai barang bukti. Dua tersangka tersebut dijerat dengan pasal 111 jo ayat (2) pasal 144 ayat (2) UU RI 35 Tahun 2009 tentang narkotika paling singkat 5 tahun dan paling lama 20 tahun kurungan penjara.

6. 40.000 Batang Pohon Ganja Ditemukan di Aceh Besar

pembakaran pohon ganja
Proses pemusnahan pohon ganja dengan cara di bakar yang ditemukan di Aceh Besar (foto: tribunnews.com)

Badan Narkotika Nasional (BNN) menemukan 40.000 batang pohon ganja di balik perbukitan Desa Pulo, Kecamatan Seulimuem, Aceh Besar pada Kamis (11/07/2019). Pohon ganja sebanyak itu ditemukan dalam lahan seluas 1 hektare yang berada di ketinggian 716 meter diatas permukaan laut (MDPL).

Dilansir melalui tribunnews edisi Jumat (12/07/2019), penemuan tersebut melibatkan 102 personel yang terdiri dari anggota Propam, Satuan Brimop Polda Aceh, Kodim 0101/BS. Kemudian tim BNN Pusat dan BNNP Aceh, Polda Aceh, serta Polres Aceh Besar.

Penemuan laang ganja ini berbekal dari informasi masyarakat. Tim harus menempuh jarak 3 jam dengan berjalan kaki melewati medan yang curam dan cukup terjal menuju lokasi tersebut. Saat ditemukan tinggi pohon ganja berkisar 50-310 cm dengan usia berkisar 3 bulan.

Baca Juga : Dampak Mengerikan yang Wajib Diketahui Akibat Kebakaran Hutan

Tim BNN kesulitan menemukan pemilik lahan tersebut dikarenakan daerah yang cukup sulit serta tanaman tersebut ditanam diatas tanah milik negara.

Editor : Khairul Umam

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here