Gula Darah Tinggi? Cari Tahu Penyebab dan Cara Mengatasinya

495
gula darah tinggi
berikut beberapa penyebab gula darah tinggi. (Foto:Hellosehat.com)

Kitakini.news – Kadar gula darah merupakan jumlah zat glukosa dan zat gula yang ada dalam darah. Apabila kandungan zat glukosa dan gula dalam darah semakin tinggi, maka akan membuat gula darah menjadi tinggi. Pola hidup yang tidak sehat sering kali menjadi faktor penyebab gula darah tinggi.

Nomalnya, kadar gula darah itu sebanyak >100-100 mg/dl. Biasanya kadar gula akan menjadi tinggi disebabkan oleh beberapa faktor seperti makanan, pola hidup atau faktor genetik dan keturunan. Beberapa ciri-ciri yang menandakan kadar gula darah tinggi.

  • Mudah lapar
  • Mudah haus
  • Penglihatan mulai kabur
  • Terlalu cepat lelah dan diiringi dengan rasa pusing pada bagian kepala

Penyebab Gula Darah Tinggi

gula darah tinggi
Beberapa penyebab dan cara mengatasi gula darah tinggi. (Foto:tribunnews.com)

Kadar gula darah menjadi tinggi dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Mulai dari faktor pola hidup yang tidak sehat sampai dengan faktor keturunan ataupun adanya riwayat penyakit yang sama dengan keluarga.

  • Adanya riwayat penyakit atau keturunan dari keluarga atau yang disebut dengan faktor genetic.
  • Kelebihan berat badan, atau yang biasa disebut dengan obesitas, biasanya dapat membuat kadar gula darah menjadi tinggi. Hal ini disebabkan karena kurangnya beraktivitas atau bergerak menyebabkan bertumpuknya lemak dan glukosa pada bagian tubuh.
  • Memiliki riwayat hipertensi atau darah tinggi.
  • Tidak memperhatikan waktu makan dan tidak makan tepat waktu dapat membuat gula darah menjadi tinggi.
  • Berhentilah memakan makanan yang siap saji seperti junk food. Kurangi makanan yang terlalu manis.

Baca Juga : Wajib Dihindari, Ini Beberapa Makanan Penyebab Asam Urat

Cara Mengatasi Gula Darah Tinggi

Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi gula darah tinggi.

1. Memenuhi Kebutuhan Cairan Dalam Tubuh

Penuhi cairan dalam tubuh Anda, minumlah air putih secukupnya. Minumlah air putih sebanyak 8 gelas perhari atau 2 liter air untuk memenuhi cairan dalam tubuh. Dengan meminum air putih aliran gula darah akan menjadi lancar sehingga gula darah akan menjadi normal.

2. Mengonsumsi Timun Dapat Mencegah Gula Darah Tinggi

Timun memiliki kandungan vitamin, mineral, karotenoid dan tokeferol yang berfungsi untuk kesehatan tubuh dan dapat menstabilkan gula darah dalam tubuh. Anda dapat mengkonsumsi timun dengan berbagai cara mulai dari menjadikan timun sebagai lalapan atau pun membuat timun sebagai minuman berupa jus.

3. Olahraga Secara Teratur

Dengan berolahraga secara teratur, aliran darah dalam tubuh dapat mengalir dengan normal. Sehingga tidak menyebabkan penumpukan zat glukosa maupun gula dalam darah. Sehingga dapat menghindari meningkatnya tekanan gula darah.

4. Perbanyakalah Makan Buah dan Sayur

Rasa manis yang dihasilkan oleh buah tidak memiliki kadar kandungan glukosa yang tinggi, sehingga anda dapat merasakan rasa manis tanpa harus memperhatikan kadar gula darah yang meningkat.

Baca Juga : Penyebab Radang Amandel Yang Belum Banyak Diketahui

5. Begadang Salah Satu Penyebab Gula Darah Tinggi

Hindari menunda waktu tidur atau begadang karena dapat menjadi penyebab gula darah tinggi. Pasalnya, tubuh butuh waktu istirahat yang cukup, penuhi lah waktu tidurmu minimal 8 jam. Saat tidur biasanya aliran darah dalam tubuh akan bekerja secara normal sehingga dengan waktu tidur yang cukup tidak akan ada penumpukan zat glukosa atau gula dalam darah.

Editor : Khairul Umam

Mutiara Hikmah

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here