Ternyata Ini Penyebab Rambut Kering Yang Harus Kamu Ketahui!

26
Ternyata Ini Penyebab Rambut Kering Yang Harus Kamu Ketahui!
Maria Elizabeth Empat Faktor Penyebab Rambut Kering - Maria Elizabeth

Kitakini.news –  Masalah rambut kering bisa terjadi pada siapa saja, tapi wanita lah yang paling sering mengeluhkan masalah yang satu ini. salah satu penyebab rambut kering yang banyak dialami banyak orang adalah karena sering memakai alat styling penghantar panas seperti hair dryer, catokan dan lain sebagainya. tak hanya itu, ada banyak lagi penyebab rambut menjadi kering yang harus kamu tahu. Buat kamu yang belum tahu, bisa simak dibawah ya!.

Penyebab Rambut Kering

1. Karena Cuaca

Penyebab rambut kering yang pertama adalah karena cuaca. Sinar matahari langsung yang mengenai rambut sangat berpotensi membuat rambut menjadi rapuh dan kering. Tidak hanya itu saja, saat cuaca sangat dingin, hal tersebut juga mempengaruhi pertumbuhan minyak alami rambut berkurang dan bisa membuat rambut cenderung kering bahkan kasar.

Untuk mengatasi masalah yang satu ini terbilang cukup mudah. Kamu cukup menggunakan penutup kepala seperti topi, helm dan lainnya untuk melindungi rambut dari paparan sinar matahari langsung. Sedangkan saat musim dingin, gunakan juga penutup kepala yang memungkinkan kepala kamu akan selalu hangat agar minyak alami rambut tetap terjaga.

2. Pewarna Rambut

Penyebab rambut kering selanjunya adalah karena terlalu sering mewarnai rambut. Pewarna rambut mengandung bahan kimia yang cukup keras yang dapat menyerap minyak alami rambut yang akan membuat rambut menjadi kering dan kasar.

3. Cara Keramas Yang Salah

Mungkin ada sebagian dari orang yang menganggap jika keramas setiap hari baik untuk kesehatan  rambut. Sebenarnya ini keliru. Pasalnya, beberapa jenis rambut mudah kehilangan kelembapan alaminya karena keramas setiap hari. Alhasil, rambut akan menjadi terlihat kering. Selain itu, Penggunaan shampo yang tidak sesuai jenis rambutpun juga dapat menyebabkan rambut menjadi kerin lho! jadi pilihlah produk shampo yang tepat yang benar-benar cocok untuk kamu.

4. Menggunakan Alat Styling Berlebihan

Alat-alat styling seperti hair dryer, catokan maupun pengeriting sering digunakan untuk menata rambut agar lebih rapi dan indah. namun, bila digunakan terlalu sering ternyata juga dapat menjadi penyebab rambut kering berikutnya yang harus kamu tahu lho!.

Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan alat-alat styling tersebut membuat kandungan lemak yang berada di dalam kulit kepala menjadi kering, sehingga tidak ada lagi yang mengontrol kelembapan alami pada rambut.

5. Kurang Asupan Air Putih

Kamu pasti sudah sering mendengar jika sebaiknya manusia minum air putih minimal 2 liter perhari. Nah, minum air putih yang cukup ternyata tak hanya dapat menghidrasi tubuh tapi juga dapat menghidrasi sel-sel di rambut lho. kelembaban ini diperlukan agar rambut terhindar dari kekeringan dan kerusakan lainnya.

 

Mutiara Hikmah

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here