Waspadai Ternyata Ini Bahaya Asam Urat Apabila Tidak di Obati!

447
bahaya asam urat
Berikut ini beberapa bahaya asam urat yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit lainnya. (Foto:liputan6.com)

Kitakini.news – Asam urat merupakan penyakit yang menyerang sendi. Asam urat memiliki fungsi untuk mengurai zat purin yang ada dalam tubuh yang masuk melalui makanan. Biasanya asam urat akan mengeluarkan rasa nyeri dan panas pada bagian sendi. Bahaya asam urat ini dapat kita ketahui melalui seberapa besar reaksi sakit yang kita rasakan atau pemeriksaan oleh dokter.

Dalam kadar normal asam urat akan menguraikan zat purin dan mengeluarkannya melalui urine dan feses. Namun, apabila dalam kadar yang berlebihan, asam urat akan menumpuk didalam tubuh. Penumpukan asam urat ini biasanya terdapat pada bagian sendi-sendi tubuh seperti lutut, kaki atau pun tangan.

Apabila penumpukan Kristal asam urat ini terus menerus dibiarkan dapat membuat penyakit yang lebih berbahaya. Berikut ini beberapa bahaya asam urat apabila tidak ditangani.

Baca Juga : Wajib Dihindari, Ini Beberapa Makanan Penyebab Asam Urat

Bahaya Asam Urat

bahaya asam urat
Ilustrasi asam urat. (foto: Masandy.com)

Asam urat sebaiknya diatasi dengan cepat agar tidak menyebabkan penyakit-penyakit yang lebih berbahaya.

Penyembuhan asam urat ini dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, mulai dari menggunakan berbagai macam obat atau pun dapat menempuh pengobatan tradisional.

Berikut ini beberapa bahaya asam urat yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit.

1. Penyakit Batu Ginjal

Penumpukan kristal yang terjadi karena asam urat dapat menghambat kerja ginjal. Pasalnya, terlalu banyaknya kadar asam urat dalam tubuh dapat membuat asam urat menjadi kristal dan menumpuk pada bagian ginjal.

Selain itu, ginjal tidak dapat bekerja secara sempurna untuk mencerna dan mengeluarkan asam urat dalam tubuh. Sehingga, kondisi yang paling fatal adalah dapat terjadinya gagal ginjal.

2. Penyakit Jantung Koroner

Hiperurisemia atau yang biasanya disebut dengan asam urat tinggi biasanya dapat meningkatkan kadar Insulin yang tinggi. Kadar Insulin yang tinggi dalam aliran darah ini dapat memicu terjadinya hipertensi. Hingga akhirnya dapat memicu penyakit jantung koroner yang berbahaya.

Baca Juga : Wajib Tahu! Ternyata Ini Cara Tepat Mencegah Asam Urat

3. Merusak Sendi

Biasanya asam urat akan menyerang bagian sendi dan membuat bagian sendi menjadi sakit. Sering kali saat terjadi asam urat sendi sangat susah untuk digerakkan. Asam urat yang berkepanjangan dapat membuat bagian sendi menjadi rusak hingga tidak dapat berfungsi. Salah satu cara mengobati sendi yang telah rusak yaitu melalui proses operasi.

4. Penyakit Tophi

Tophi merupakan munculnya benjolan pada bagian kulit yang disebabkan oleh asam urat. Pada umumnya, tophi akan menyebabkan rasa sakit dan nyeri pada bagian kulit yang terdapat Thopi. Thopi ini terbentuk melalu kristal asam urat yang sudah menumpuk pada bagian persendian.

Tophi akan mengeluarkan rasa sakit dan nyeri yang hebat ketika penyakit asam urat kambuh. Biasanya tophi hanya akan menyerang para penderita asam urat kronis.

Baca Juga : Tak Disangka, Ternyata Konsumsi Melinjo Justru Menurunkan Asam Urat

5. Asidosis Metabolik

Asidosis metabolik adalah kondisi dimana organ ginjal tidak mampu mengurangi atau mengeluarkan kadar asam urat dalam tubuh. Biasanya penderita asidosis metabolik ini akan dibuat pusing, lemas, sesak nafas sampai yang paling fatal dapat merenggut nyawa.

Biasanya kondisi asidosis metabolik ini terjadi karena adanya masukan purin secara terus menerus dalam tubuh.

Editor : Khairul Umam

Mutiara Hikmah

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here