Banjir Bandang di Kecamatan Mardinding Karo, 9 Rumah Rusak

Kecamatan Mardinding, Kabupaten Karo dilanda banjir bandang yang mengakibatkan 9 rumah rusak.

48
Banjir bandang di Kecamatan Mardinding Karo
Warga bersama-sama petugas tengah mengevakuasi barang-barang dari rumah warga usai dilanda banjir bandang (Foto : Bayu Pramana)

Kitakini News – Sembilan rumah rusak akibat banjir bandang yang terjadi di Desa Lau Pengulu, Kecamatan Mardinding, Kabupaten Karo, pada Minggu (10/11/2019) sekira Pukul 13.30 WIB.

Berdasarkan keterangan yang dihimpun, banjir bandang di Kecamatan Mardinding tersebut terjadi akibat curah hujan yang tinggi dalam beberapa hari terakhir.

Akibatnya, sungai Desa Lau Pangulu meluap. Luapan air sungai yang membawa material kayu langsung menghantam rumah-rumah warga yang berada di pinggiran sungai.

Dari sembilan rumah warga yang dilaporkan rusak, 2 rumah diantaranya yakni milik Sorta br Siregar (69) dan Hendri Nainggolan (35) mengalami rusak berat.

Sedangkan 7 rumah warga lainnya yakni milik Roasa Zai (45), Tanden Karo Karo (65), Sungam br Ginting (60), Budiman Singarimbun (55), Awi Tarigan (42), Tuahta Purba (50), dan Rinaldi Tarigan (50) hanya mengalami kerusakan dibagian dapur.

Petugas kepolisian Sektor Mardinding, Koramil 09/LB dan dibantu oleh para relawan turun kelokasi untuk mengevakuasi warga dan barang-barang yang masih dapat diselamatkan.

Baca juga : SMPN 1 Tapanuli Selatan Banjir, Siswa belajar tanpa alas kaki

Korban Banjir Bandang di Kecamatan Mardinding Mengungsi ke Rumah Tetangga

Banjir bandang yang terjadi di Kecamatan Mardinding Karo
Foto kiri : Kondisi derasnya air saat banjir bandang menerpa, Foto kanan : Kondisi warga setempat saat melakuaan evakuasi

Kapolsek Mardinding, AKP L. Marpaung mengatakan bahwa setelah memantau kondisi terakhir, pihaknya berkoordinasi dengan Kepala Desa Lau Pengulu dan masyarakat terkait penanganan warga yang rumahnya terkena dampak banjir bandang.

“Sementara warga yang rumahnya rusak saat ini mengungsi ke jambur dan tetangga serta keluarga terdekat,” ucap Marpaung menjelaskan.

Lebih lanjut AKP L Marpaung menerangkan bahwa pihaknya bersama masyarakat akan melakukan Gotong royong untuk pembersihan Desa.

“Rencananya besok (Senin) kita Forkopimca Mardinding akan melakukan gotong royong pembersihan lokasi dan mengimbau agar warga agar tidak panik,” tambahnya.

Tidak ada korban jiwa akibat peristiwa banjir bandang yang melanda Kecamatan Mardinding tersebut. Namun kerugian materi diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah.

Kontributor : Bayu Pramana
Editor : Ummi Fatih

Mutiara Hikmah

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here