Kembali Gelar Aksi Demo, Warga Sari Rejo Geruduk Kantor BPN Medan 

Massa Forum Masyarakat Sari Rejo menggelar unjuk rasa Kamis (17/1/2019) di Kantor BPN Kota Medan mendesak agar sertifikat tanah dari pemerintah.

58
demo warga sari rejo
warga Sari Rejo saat berkumpul di ruas Jalan Jenderal AH Nasution. Foto : Syahrial Siregar

Kitakini.news – Warga Kelurahan Sari Rejo, Kecamatan Medan Polonia, kembali menggelar aksi demo di Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Medan, Kamis (17/1/2019). Massa menuntut sertifikat tanah yang dinilai jadi hak mereka diberikan.

Warga yang tergabung dalam Forum Masyarakat (Formas) itu memenuhi salah satu ruas Jalan Jenderal AH Nasution. Massa didominasi kaum ibu dan bapak itu meminta pemerintah melalui BPN Kota Medan mengeluarkan Sertifikat Hak Milik (SHM) tanah mereka. Massa menilai, pemerintah sama sekali tidak menghiraukan putusan MA atas sengketa tanah antara warga dengan pihak TNI Angkatan Udara (AU). Menurut warga, tanah yang dihuni warga saat ini telah diputus menjadi hak mereka.

“Kami minta terbitkan sertifikat tanah untuk warga. Sudah dari tadi pagi kami berkumpul di sini,” ujar salah seorang warga.

Adapun sengketa tanah antara warga dan TNI AU ini telah berlangsung sejak lama. Dua pihak yang bersengketa telah melalui mediasi bahkan rapat dengar pendapat (RDP) hingga ke DPR RI. Sengketa ini juga bergulir di pengadilan hingga tingkat MA.

Warga yang merasa berhak atas tanah menuntut pemerintah segera menerbitkan sertifikat tanah untuk mereka sesuai dengan putusan MA yang memenangkan mereka.

Sebelumnya, massa juga melakukan unjuk rasa di Kantor BPN Sumut Jalan Brigjen Katamso, Senin (14/1/2019). Selanjutnya, sehari kemudian melakukan orasi di Kantor Wali Kota Medan dan DPRD Medan.

Demo Warga Sari Rejo, Arus Lalu-lintas Dialihkan

Aksi demo warga Sari Rejo yang digelar sejak pagi tersebut mengakibatkan arus lalu lintas (Lalin) di Jalan AH Nasution padat merayap. Pantauan Kitakini.news, terjadi pengalihan arus lalin yang semula dua arah menjadi satu arah. Kendaraan yang melintas dari arah Titi Kuning menuju Simpang Pos tetap dapat melintas, namun dari ruas jalan di sebelahnya.

Baca Juga : Demo Warga Sari Rejo, Massa Lempari Kantor Gubsu Dengan Batu.

Pasalnya, satu ruas jalan menjadi tempat bagi massa aksi berkumpul. Selain berkumpul di ruas Jalan AH Nasution, beberapa warga juga menduduki halaman depan kantor BPN Kota Medan.

Guna mengamankan jalannya aksi, personel Polrestabes Medan terlihat berada di lokasi unjuk rasa lengkap dengan 1 unit meriam air (water canon) disiagakan. Selain itu, sejumlah personel dari Satuan Sabhara juga melakukan pengamanan.

Reporter : Syahrial Siregar
Editor : Khairul Umam

Mutiara Hikmah

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here