Tak Hanya Membasmi Jerawat, Ini Manfaat Oatmeal Buat Wajah Makin Cantik

Beberapa manfaat oatmeal untuk perawatan kecantikan kulit beserta caranya.

361
Manfaat oatmeal untuk perawatan kecantikan
Oatmeal adalah jenis makanan sehat yang juga kini dapat digunakan sebagai bahan perawatan kecantikan.

Kitakini.news – Oatmeal biasanya dikonsumsi banyak orang sebagai menu sarapan dan juga sebagai makana untuk diet. Oatmeal memiliki banyak manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Beberapa manfaat oatmeal untuk kesehatan tubuh yaitu, membantu menurunkan kolesterol jahat, menjaga kesehatan jantung dan menurunkan risiko tekanan darah tinggi dan banyak lagi. Namun, selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, ternyata oatmeal juga memiliki banyak manfaat buat wajah makin kelihatan cantik. Oatmeal juga cocok digunakan untuk semua jenis kulit lho, bahkan untuk kulit yang sensitif sekalipun. Ingin tau apa saja manfaat oatmeal agar wajah makin cantik? Simak informasi berikut.

6 Manfaat Oatmeal Buat Wajah Makin Cantik

1. Sebagai Pembersih Wajah

Mungkin tidak terdengar asing lagi jika oatmeal dijadikan sebagai salah satu bahan pembersih wajah yang buat wajah makin cantik. Karena, sudah cukup banyak produk kecantikan yang mengandalkan oatmeal sebagai bahan pembersih muka.

Caranya : Gosokkan pembersih berbahan oatmeal pada seluruh kulit wajah menggunakan kapas wajah secara lembut dengan gerakan memutar sampai setiap bagian wajah bersih.

Baca Juga : Wajah Kinclong Alami Dalam 2 Hari Hanya Dengan Kentang, Cantik Tak Perlu Mahal!

2. Sebagai Eksfoliator Alami

Oatmeal juga bermanfaat sebagai eksfoliator alami untuk wajah. Tekstur oatmeal yang sedikit kasar sangat cocok dijadikan sebagai bahan scrub. Sel-sel kulit mati yang menumpuk pada wajah akan menyebabkan kulit terlihat kusam dan tidak segar. Untuk itu, kita lakukan eksfoliasi secara rutin. Cara menggunakannya yaitu dengan menjadikan oatmeal sebagai masker untuk wajah.

Cara Pembuatannya :

  • Campurkan oatmeal dengan sedikit minyak kepala, gula yang bertekstur kasar dan air hangat secukupnya
  • Campur dan aduk semua bahan hingga bertekstur seperti pasta.
  • Kemudian, gosokkan masker kekulit wajah seperti menggunakan scrub pada umumnya.

3. Mengobati dan Mencegah Jerawat

Selain itu, oatmeal juga sangat bermanfaat untuk mengobati jerawat. Oatmeal memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri yang mampu mengatasi segala jenis peradangan diwajah, termasuk juga jerawat. Oatmeal juga memiliki kandungan saponin yang juga membantu untuk membersihkan wajah hingga kepori-pori. Jadi, jerawat bukan hanya akan hilang dari wajah tetapi juga dapat mencegah jerawat agar tidak kembali lagi. Nah, hilangnya jerawat karena manfaat oatmeal ini akan buat wajah cantik semakin kelihatan merona.

Caranya :

  • Rebus ⅓ cangkir air yang telah terisi setengah cangkir oatmeal didalamnya.
  • Kemudian diamkan campuran tadi hingga dingin.
  • Jika sudah dingin, oleskan campuran ke area wajah yang berjerawat.
  • Biarkan selama 30 menit, setelah itu basuh wajah hingga bersih menggunakan air hangat.

4. Melembabkan Kulit

Oatmeal juga dapat menjadi bahan pelembab alami wajah. Kandungan beta glukan yang ada di dalam oatmeal dapat menjadi lapisan yang sangat dibutuhkan oleh kulit. Beta glukan dapat menembus jauh ke dalam kulit dan memberikan kelembaban alami pada kulit. Bila Anda memiliki wajah yang cukup kering dan kulit wajah yang mudah terkelupas, Anda dapat mencoba oatmeal untuk mengatasinya.

Baca Juga : Ternyata Ini Cara Menghilangkan Flek Hitam Yang Membandel Secara Alami Paling Ampuh

Caranya :

  • Sediakan 1/2 cangkir oatmeal, 1/4 cangkir yoghurt plain dan 2 sendok makan madu organik.
  • Campurkan ketiga bahan dan simpan dalam wadah kecil khusus krim.
  • Dan Jadikanlah oatmeal sebagai krim pelembab sehari-hari kamu.

5. Mengobati Kulit Gatal

Oatmeal ternyata juga dapat mengobati kulit gatal. Oatmeal memilki avenantharamides yang dapat menghilangkan rasa gatal pada kulit. Seperti bekas luka, sunburns dan ruam. Selain itu, oatmeal juga memiliki sekelompok alkaloi fenolik yang dapat membantu mengurangi hipersensitivitas dan pembengkakan kulit.

Caranya : Dengan menambahkan 1 sampai 2 cangkir oatmeal pada bak mandi Anda dan berendam selama 30 menit. Maka rasa gatal pada kulit akan hilang dengan sendirinya serta kulitpun akan menjadi lebih lembut dan rileks.

6. Sebagai Larutan Untuk Berendam

selain iut, Oatmeal juga dapat digunakan sebagai larutan untuk berendam yang memiliki manfaat untuk membuat kulit menjadi lebih kenyal dan lembab.

Caranya :

  • Sediakan air hangat secukupnya, masukkan 1 canggir oatmeal kedalamnya.
  • Kemudian, tuangkan minyak lavender secukupnya untuk memberikan aroma.
  • Jika sudah, Anda bisa berendam dalam campuran oatmeal selama 30 menit untuk mendapat kulit yang kenyal dan lembab.

Editor : Khairul Umam

Mutiara Hikmah

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here