7 Manfaat Air Tebu Bagi Kesehatan Tubuh

$rows[judul] Keterangan Gambar : Foto: Unsplash/PhanuwatNandee

Kitakini.news – Tebu merupakan tanaman rumput yang memiliki sekitar 36 varietas. Dalam tanaman ini, terkandung gula alami yang cukup tinggi. 

Tebu hampir tidak memiliki kandungan lemak, kolesterol, ataupun protein. Namun, tebu mengandung kalsium, natrium, kalium, magnesium, dan zat besi, yang penting untuk tubuh.

Manfaat Air Tebu untuk Kesehatan Tubuh


Dalam 28,35 gram sari tebu murni, terkandung 113,43 kalori, 25,40 gram karbohidrat, 0,20 gram protein, dan 0,66 gram lemak. Dilansir dari halodoc, berikut ini adalah manfaat minum air tebu untuk kesehatan tubuh:

1. Meningkatkan Fungsi Hati

Air tebu dianggap sebagai salah satu pengobatan alami terbaik untuk penyakit terkait hati seperti penyakit kuning. Pasalnya, air tebu bersifat basah, sehingga bisa membantu dalam menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh.

2. Membantu Tubuh Melawan Kanker

Konsentrasi kalsium, magnesium, potasium, besi, dan mangan yang tinggi membuat sari tebu bersifat basa. Selain itu, kandungan flavonoid membantu tubuh mencegah sel kanker, terutama kanker prostat dan payudara.

3. Memperlancar Sistem Pencernaan

Manfaat minum air tebu selanjutnya adalah memperlancar sistem pencernaan. Kandungan kalium dalam air tebu menyeimbangkan tingkat pH di perut dan memfasilitasi sekresi cairan pencernaan. Ini juga membantu mencegah infeksi lambung.

4. Menjaga Kesehatan Ginjal

Karena rendah kolesterol, rendah sodium, tanpa lemak jenuh, air tebu bermanfaat untuk membantu menjaga ginjal dalam kondisi prima.

Membantu Perkembangan Tulang dan Gigi


5. Meredakan Rasa Sakit 

Meminum air tebu dengan perasan jeruk nipis dan air kelapa diketahui dapat membantu mengurangi peradangan tubuh. Terutama yang terjadi akibat penyakit menular seksual, infeksi saluran kemih, batu ginjal, dan prostatitis.

6. Membantu Perkembangan Tulang dan Gigi

Bukan hanya airnya saja yang bermanfaat, batang tebu sering digunakan sejak dulu untuk membantu perkembangan tulang dan gigi. Selain itu, kandungan kalsium dalam tebu dapat menunjang perkembangan sistem kerangka, tulang, dan gigi.

7. Mencegah Bau Mulut dan Kerusakan Gigi

Manfaat lainnya dari minum air tebu adalah mencegah bau mulut dan kerusakan gigi. Pasalnya, tebu kaya akan mineral, termasuk kalsium dan fosfor, dan juga membantu membangun enamel gigi dan memperkuat gigi. Ini juga mengatasi bau mulut.


Tulis Komentar

(Tidak ditampilkan dikomentar)