Sebut Pertemuan Rahasia Jokowi-Freeport, Tagar ‘SudirmanSaidBohong’ jadi Trending Twitter Hari Ini

Pasca pernyataan mantan Menteri ESDM Sudirman Said yang menyebutkan Presiden RI Joko Widodo pernah menggelar pertemuan rahasia dengan bos Freeport dapat tanggapan netizen. Di Twitter tagar SudirmanSaidBohong jadi trending Kamis 21 Februari.

69
tagar sudirmansaidbohong trending di twitter
Tagar 'SudirmanSaidBohong' jadi trending di Twitter, Kamis (21/2/2019)

Kitakini.news – Pernyataan mantan Menteri ESDM, Sudirman Said yang menyebutkan Presiden RI Joko Widodo pernah menggelar pertemuan rahasia dengan James R Moffett, bos Freeport McMoran Inc, mendapat tanggapan netizen. Hashtag atau tagar SudirmanSaidBohong menjadi trending di Twitter, Kamis (21/2/2019).

Hingga pukul 14.29 WIB, sebanyak 36 ribu lebih (36,4 K) memberikan cuitan dengan tanda pagar (#) tersebut. @RizmaWidiono salah satu di antara netizen yang mem-posting cuitan tersebut. “Sudirman Said mungkin belum move on, masih sakit hati dipecat Jokowi… Kasian mantan pecatan statementnya bikin blunder & fitnah, yg bgni ini bisa dilaporkan,” ujar pemilik akun dengan nama Rizma Widiono tersebut sambil melampirkan tagar tersebut.

‏Senada, @ajengsa96804535 juga menanggapi. “Tak perlu menebar kebencian, orang baik tetap pada pendiriannya,” ujar akun dengan nama Ajeng Sari itu.

Sebelumnya, Jokowi juga merespons pernyataan Sudirman Said tersebut. Dilansir dari Tribunnews.com, Dia mengatakan, pertemuan tersebut tidak dilakukan secara diam-diam seperti yang disebutkan mantan bawahannya tersebut.

Jokowi menyebut, beberapa kali pertemuan bertujuan agar pemerintah menjadi pemegang saham mayoritas Freeport.

“Enggak sekali dua kali ketemu, diam-diam bagaimana? Pertemuan bolak-balik,” ujar Jokowi di Kelapa Gading, Jakarta, Rabu (20/2/2019) malam.

Pertemuan tersebut kata dia juga digelar lantaran pihak Freeport meminta perpanjangan kegiatan operasi.

“Ya perpanjangan, dia (James R Moffet) minta perpanjangan tapi sejak awal Saya sampaikan, bahwa kita miliki keinginan itu (menguasai 51 persen saham Freeport),” ujar Jokowi.

Tagar SudirmanSaidBohong Trending Setelah Sudirman Said Mengungkapkan Ini

Untuk diketahui, tagar SudirmanSaidBohong jadi trending di Twitter setelah Sudirman Said membeberkan pertemuan “rahasia” Jokowi dengan James R Moffett. Dilansir dari viva.co.id, dia mengatakan pertemuan keduanya berlangsung tak terjadwal pada agenda presiden yang disusun Sekretariat Negara pada 6 Oktober 2015. Said yang kala itu masih menjabat Menteri ESDM diminta ajudan presiden untuk ke Istana Merdeka, Jakarta, pada pagi.

“Sebelum masuk ke ruang kerja, Saya dibisiki oleh asisten pribadi presiden, (dikatakan) ‘Pak menteri, pertemuan ini tidak ada'”, ujar Said, Rabu (20/2/2019).

Baca Juga : Presiden Lantik Syamsuar dan Edy Natar Sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Riau

Said juga mengatakan, tanpa banyak berbasa-basi, Jokowi memintanya mempercepat proses renegosiasi kontrak Freeport.

“Kira-kira, (Jokowi menyampaikan) kita ini ingin menjaga kelangsungan investasilah,” ujar Said.

Usai pertemuan itu, kata Said, dia dan Moffet lantas melanjutkan pertemuan di tempat lain. Said juga mengatakan, ternyata Moffet sudah menyiapkan naskah surat perpanjangan dari kantor pusat Freeport.

Said lalu menolak untuk mengabulkan permintaan tersebut. “Saya ungkap karena ini hak publik untuk mengetahui di balik keputusan ini,” ujar Said.

Editor : Khairul Umam

Mutiara Hikmah

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here