Senin, 16 September 2024

Mei 1995, Pasar Modal Indonesia Masuki Era Komputerisasi

Siti Amelia - Senin, 12 Agustus 2024 16:45 WIB
Mei 1995, Pasar Modal Indonesia Masuki Era Komputerisasi
idx.co.id
ilustrasi ikhtisar pasar modal

Kitakini.news - Kepala Perwakilan PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Sumut Pintor Nasution menjelaskan pada 22 Mei 1995 pasar modal Indonesia memasuki era pasar komputerisasi. Ditandai dengan diluncurkan system perdagangan otomatisasi di BEI yang diberinama Jakarta Automated Trading System (JATS).

Baca Juga:

Pada tahun yang sama, Bursa Pararel Indonesia (BPI) merger dengan BES. Setahun kemudian pada 6 Agustus 1966, PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) berdiri untuk menjalankan fungsi sebagai Lembaga Kliring dan Penjaminan (LKP).

Disusul berdiri Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian (LPP) yaitu PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) pada 23 Desember 1997.

"Momentum yang cukup fenomenal berikutnya adalah ketika dimulai era scripless trading, atau era perdagangan tanpa warkat pada 21 Juli 2000," tuturnya menjelaskan sejarah pasar modal Indonesia.

Pasca era pasar komputerisasi, jelas dia, dilanjutkan era sistem perdagangan jarak jauh (remote trading) pada 28 Maret 2002. Pada 2 September 2002, penyelesaian transaksi perdagangan yang semula T+4 berubah menjadi T+3 atau lebih cepat, menyesuaikan dengan perkembangan di bursa-bursa global.

Babak selanjutnya, pada 30 November 2007 inisiatif besar terealisasi, yaitu penggabungan BES dan BEJ menjadi PT Bursa Efek Indonesia (BEI). Sejak saat ini, hanya ada satu bursa efek swasta di Indonesia.

Pada Januari 2012, pengawasan pasar modal juga berubah dari Bapepam menjadi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Pada tahun yang sama, dibentuk Securities Investor Protection Fund (SIPF) serta peluncuran prinsip syariah dan dimulainya mekanisme perdagangan syariah.

Pada 12 November 2015 BEI meluncurkan kampanye "Yuk Nabung Saham" yang diikuti dengan peluncuran Indeks LQ45 Futures.

Tahun berikutnya pada 18 April 2016, IDX Channel diluncurkan untuk melengkapi aktivitas sosialisasi dan edukasi pasar modal. Pada bulan Desember 2016 didirikan PT Pendanaan Efek Indonesia.

"BEI kembali mempercepat waktu penyelesaian transaksi dari T+3 menjadi T+2 pada 26 November 2018. Pada 16 Juni 2019, BEI mendapatkan predikat Best Companies to Work for Asia, dan meraih The Best Islamic Capital Market GIFA Awards pada tahun yang sama. Pada 7 Oktober 2019, BEI meluncurkan Papan Akselerasi untuk memberikan kesempatan bagi perusahaan rintisan untuk masuk bursa," paparnya.

Pada tahun 2021, BEI melakukan pengembangan e-IPO tahap II dan kembali mendapatkan predikat The Best Islamic Capital Matket GIFA Awards. Untuk menggantikan kampanye Yuk Nabung Saham, pada 10 Agustus Tahun 2023 di HUT Pasar Modal tahun lalu, BEI bersama KPEI dan KSEI meluncurkan kampanye "Aku Investor Saham". Kemudian pada 26 September 2023 diluncurkan Bursa Karbon Indonesia atau IDXCarbon.

Akhirnya, pada HUT ke-47 tahun ini, pasar modal mengangkat tema, "Terpercaya, Inovatif, Menuju Indonesia Emas." Dengan logo berwarna gradasi merah jingga, hijau tosca biru dan simbol geometrik segitiga pada angka 47, perayaan 47 tahun diaktifkannya kembali pasar modal ini merefleksikan semangat pasar modal yang semakin bertumbuh serta terus berkembang secara tegas dan teratur.

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Editor
: Redaksi
SHARE:
Tags
Berita Terkait
Pasar Modal Indonesia Beroperasi Pertama Kali Desember 1912

Pasar Modal Indonesia Beroperasi Pertama Kali Desember 1912

Bursa Asia Kompak Melemah Hari Ini

Bursa Asia Kompak Melemah Hari Ini

Investor Pasar Modal Tembus 13 Juta

Investor Pasar Modal Tembus 13 Juta

Perlancar Akses Lalulintas, TNI AD Bangun Jembatan Darurat

Perlancar Akses Lalulintas, TNI AD Bangun Jembatan Darurat

Begini Biasanya Investor Terampil Dapatkan Keuntungan Lebih di Pasar Modal

Begini Biasanya Investor Terampil Dapatkan Keuntungan Lebih di Pasar Modal

Tambah Kenyamanan Investor, BEI Kembangkan Fitur IEV dan IEP

Tambah Kenyamanan Investor, BEI Kembangkan Fitur IEV dan IEP

Komentar
Berita Terbaru