BPS Sumut Hadirkan Pojok Statistik di Perpustakaan USU

$rows[judul] Keterangan Gambar : Kepala BPS Sumut saat peresmian Pojok Statistik di Perpustakaan USU, Rabu (25/1/2023). (foto : humas BPS)

Kitakini.news - Pada awal tahun 2023, Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut hadirkan Pojok Statistik di Perpustakaan Universitas Sumatera Utara (USU). Pojok Statistik ini hadir menggantikan absennya Pojok Statistik yang sebelumnya ada di Perpustakaan Fakultas Ekonomi USU.


Dalam peresmian Pojok Statistik, Rabu (25/1/2023) Kepala BPS Sumut Nurul Hasanudin mengatakan harapannya agar kehadiran Pojok Statistik ini di kampus dapat meningkatkan literasi data statistik di lingkungan akademisi. Lantaran peningkatan literasi data statistik akan memperkuat Sistem Statistik Nasional (SSN). 


Makanya, BPS terus berupaya meningkatkan kesadaran statistik di lingkungan masyarakat, terutama akademisi.


“Selain manfaat utama, Aksi Perubahan ini juga memberikan nilai manfaat bagi beberapa pihak, baik bagi internal BPS, maupun eksternal BPS,” kata dia. 


Nurul Hasanudin menjelaskan Pojok Statistik ini merupakan salah satu bentuk kolaborasi antara Badan Pusat Statistik dan Perguruan Tinggi. Sehingga dapat meningkatkan penyebarluasan informasi statistik serta meningkatkan kemampuan penggunaan dan pemanfaatan hasil statistik khususnya di lingkungan akademisi.


Apalagi menurut Hasanudin, mahasiswa merupakan segmentasi pengguna data terbesar yang melakukan transaksi konsultasi melalui portal Pelayanan Statistik Terpadu (PST). Selain itu, mahasiswa merupakan calon-calon pemimpinan dalam 10 tahun ke depan. 


“Dengan meningkatkan literasi data statistik di kalangan akademisi, maka diharapkan kesadaran dalam pemanfaatan statistik dalam penyusunan kebijakan akan menjadi kuat,” tandasnya.


Redaksi


Tulis Komentar

(Tidak ditampilkan dikomentar)