GK ASLI, Patroli Kebersihan Glugur Kota Diperketat

$rows[judul] Keterangan Gambar : Sistem patroli sampah di Glugur Kota akan diperketat melalui GK ASLI. (foto : kominfo medan0

Kitakini.news - Seminggu dilantik menjadi Lurah Glugur Kota, Medan Barat. A Zukri Al Rasyid hadirkan inovasi  GK ASLI, atau Gerakan Kolaborasi Anti Sampah Liar.


Demi menjalankan gerakan ini, Zukri menggandeng tiga pilar yang ada di wilayahnya yaitu Babinsa dan Bhabinkamtibmas.


A Zukri Al Rasyid menjelaskan program "GK ASLI" (Gerakan Kolaborasi Anti Sampah Liar) ini merupakan bentuk dukungan terhadap lima program prioritas Wali Kota Medan Bobby Nasution. Terutama terkait dengan penanganan kebersihan. 


"Gerakan ini berupa inisiatif yang berkaitan dengan sistem pengangkutan sampah yang selama ini sudah berjalan," tuturnya. 


Zukri bilang sistem pengangkutan sampah di Kelurahan Glugur Kota dilakukan setiap harinya sebanyak 4 kali. Pertama, pengangkutan sampah di ruas jalan protokol dilakukan pada pukul 06.00 wib oleh tiper truk sampah dan penyapu pagi oleh petugas melati. 


Lalu dilanjutkan pada pukul 10.00 wib kembali dilakukan penyisiran sapu angkat sampah oleh petugas melati dan bestari. Selanjutnya pukul 16.00 wib kembali dilakukan sapu angkat sampah oleh petugas bestari. 


Dan pukul 22.00 wib giliran petugas galatama yang melakukan sapu angkat sampah. Meski pengangkutan sampah telah dilakukan secara maksimal, namun pada saat dini hari masih ditemukan adanya tumpukan sampah liar di sejumlah titik yang tidak terstruktur.


"Meski pengangkutan sampah rutin dilakukan, namun pada saat kita melakukan patroli sampah dini hari sekitar pukul 01.25 wib, kita menemukan adanya tumpukan sampah di beberapa titik di jalan Yos Sudarso yang tidak terstruktur. Artinya sampah liar itu kita temukan setelah petugas kami selesai mengangkut sampah," ungkapnya kesal.

 

Makanya, Zukri berinisiatif bentuk GK ASLI ini. Agar dapat memaksimalkan patroli kebersihan dan mengedukasi masyarakat agar membuang sampah ditempatnya dan di jam-jam petugas kebersihan mengangkut sampah.


Program GK ASLI yang melibatkan unsur tiga pilar yang ada di Kelurahan ini diharapkan dapat memberikan pencerahan dan kesadaran bagi masyarakat agar peduli terhadap kebersihan lingkunganya.


Bhabinkamtibmas Glugur Kota Aiptu Tarmidi mengatakan mendukung sepenuhnya program ini.


"Kami siap membantu Lurah mengatasi permasalahan sampah liar ini dengan menghimbau masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya," kata Aiptu Tarmidi.


Redaksi


Tulis Komentar

(Tidak ditampilkan dikomentar)