Ini Tips Agar Saus Bisa Lebih Meresap ke dalam Pasta Spaghetti

$rows[judul] Keterangan Gambar : (Pembuat: gkrphoto | Kredit: Getty Images/iStockphoto)

Kitakini.newsSpaghetti adalah salah satu hidangan pasta yang paling disukai masyarakat Indonesia. Hidangan dari Italia ini memang sangat lezat, sayangnya, jika membuat sendiri, terkadang bumbu bolognese, carbonara, dan lainnya kurang bisa meresap ke dalam pasta meski sudah diaduk rata. Tentunya ada beberapa sebab kenapa saus kurang bisa meresap ke dalam spaghetti. Untuk mengatasinya, coba sekian tips yang dilansir dari laman Popbela berikut ini.

Tips Agar Saus Lebih Meresap ke dalam Pasta Spaghetti

1. Tambahkan Garam Ke Air Rebusan

Cara pertama yang dapat dilakukan adalah menambahkan sedikit garam pada air rebusan pasta spaghetti. Hal ini bertujuan agar pasta tidak hambar, ketika akan dicampurkan dengan saus, paling tidak pasta sudah memiliki sedikit rasa yang merata. Tidak perlu menambahkan banyak garam, cukup 1-2 sendok teh garam, sesuaikan saja dengan banyaknya pasta yang direbus.

2. Tambahkan Minyak Zaitun

Cara selanjutnya agar saus meresap ke dalam pasta adalah menambahkan minyak goreng atau minyak zaitun setelah merebus pasta untuk menambah rasa gurih pada pasta sehingga tidak hambar. Jika suka, kamu bisa juga menambahkan 1 sendok teh margarin/mentega sehingga pastanya gurih. Selain mencegah pasta saling menempel dan hambar, minyak juga dapat melembutkan pasta dan memudahkan saus spaghetti tercampur rata.

3. Pastikan Pastanya Matang Sempurna

Pastikan pasta al dente atau matang sempurna, tidak terlalu keras juga tidak terlalu lunak ya. Pasta yang terlalu keras membuat bumbu lebih sulit meresap, terlalu lunak juga tidak enak disantap karena putus-putus ketika diangkat dengan garpu. Setelah direbus dengan tambahan garam, tiriskan dan jangan dibilas dengan air dingin setelahnya karena suhu panas sisa merebus pada pasta ternyata membantu membuat saus lebih meresap.

4. Masak Agak Lama dengan Sausnya

Ketika sausnya sudah matang, masukkan pasta ke dalam saus lalu masak pasta bersama saus sehingga bisa membuat bumbu meresap ke dalam pasta. Jika kurang yakin apakah saus sudah meresap ke dalam pasta atau belum, bisa ambil sedikit dan dirasakan. Jika tidak ingin memasak saus dengan pasta langsung, pastikan menghidangkan spaghetti dalam kondisi hangat lalu mengaduknya selagi masih hangat atau panas karena suhu panas dapat membantu mebuat bumbu lebih meresap.

5. Beri banyak saus

Cara terakhir adalah jangan pelit memberi saus pasta, mau itu saus bolognese, carbonara, pesto dan lainnya. Tentu kamu ingin menikmati pasta yang gurih, jika tidak menambahkan garam yang cukup, pastikan sausnya cukup untuk melumuri pasta sehingga tidak mengurangi kenikmatan saat menyantapna.

Jadi itulah sekian tips yang dapat dilakukan agar saus meresap ke dalam pasta. Semoga informasi ini bermanfaat dan membantumu lebih jago masak.

Tulis Komentar

(Tidak ditampilkan dikomentar)