Jumat, 18 Oktober 2024

Tokopedia Beauty Awards 2023 Pilih 32 Produk Kecantikan dan Perawatan Tubuh Recomended

Fitri - Sabtu, 09 Desember 2023 21:45 WIB
Tokopedia Beauty Awards 2023 Pilih 32 Produk Kecantikan dan Perawatan Tubuh Recomended
istimewa
Tokopedia melalui ajang penghargaan tahunan Tokopedia Beauty Awards (TBA) 2023 mengumumkan 32 produk terbaik dari pelaku usaha kecantikan dan perawatan tubuh versi pilihan masyarakat.
Kitakini.news - Tokopedia melalui ajang penghargaan tahunan Tokopedia Beauty Awards (TBA) 2023 mengumumkan 32 produk terbaik dari pelaku usaha kecantikan dan perawatan tubuh versi pilihan masyarakat.

Sepanjang tanggal 23 Oktober-19 November 2023, Tokopedia telah mengumpulkan ratusan ribu votes yang terkumpul melalui halaman khusus di aplikasi Tokopedia.

Baca Juga:

Vice President of Physical Goods Tokopedia, David Kartono menuturkan, ajang penghargaan Tokopedia Beauty Awards telah hadir sejak tahun 2020 dan konsisten menjadi upaya untuk mengapresiasi serta mengusung produk-produk kecantikan dan perawatan tubuh terbaik pilihan masyarakat Indonesia, baik perempuan maupun laki-laki.

"Dalam menentukan para pemenangnya, kami menggandeng para pengguna Tokopedia untuk voting kepada brand kecantikan dan perawatan tubuh pilihannya," ungkapnya.

Sepanjang periode pemilihan, Tokopedia telah mengumpulkan ratusan ribu votes dari seluruh Indonesia.

"Kami sangat mengapresiasi masyarakat yang telah memberikan suara kepada brand kecantikan dan perawatan tubuh pilihannya lewat Tokopedia Beauty Awards 2023," tambah David.

Dijelaskan David, pemenang Tokopedia Beauty Awards 2023 dipilih berdasarkan beberapa kriteria, mulai dari popularitas brand di media sosial mainstream, peningkatan penjualan yang signifikan, hingga perkembangan produk mereka, seperti seberapa sering dicari masyarakat di Tokopedia.

Beauty Expert dan Co-Founder Venas Consulting, Affi Assegaf, juga mengungkapkan, kini para pelaku usaha di industri kosmetik, khususnya brand lokal, makin inovatif dalam menawarkan produk terbaik kecantikan dan perawatan tubuh untuk masyarakat Indonesia yang dilatarbelakangi oleh tingginya minat akan produk lokal di pasaran.

"Saya sangat mengapresiasi Tokopedia karena sudah kasih panggung luas untuk para pegiat usaha di industri kecantikan, khususnya brand lokal. Rasa bangga menggunakan buatan Indonesia memang sudah seharusnya kita pupuk bersama-sama," bilangnya.

Setidaknya tercatat ada lebih dari 14 juta penjual di Tokopedia, termasuk dari industri kecantikan dan perawatan tubuh, dimana hampir 100 persennya UMKM.

Sisi lain pemerintah juga mencatat bahwa kontribusi industri kosmetik terhadap PDB pada kuartal III tahun 2023 mencapai 3,83 persen.

Salah satu inisiatif Hyperlocal Tokopedia yang menerapkan teknologi geo-tagging untuk mendekatkan penjual dengan pembeli di mana pun mereka berada.

Hal ini diungkapkan Category Development Senior Lead Tokopedia, Stefanie YuliDengan Hyperlocal, "Para penjual bisa memiliki kesempatan yang sama untuk bertumbuh dan berkembang, tanpa harus pindah ke kota besar. Pembeli pun bisa beli produk kebutuhan yang lebih beragam dengan lebih cepat dan efisien," sebutnya.

Selain itu, Tokopedia juga konsisten menghadirkan banyak kampanye online untuk membantu masyarakat mendapatkan produk yang relevan. Contohnya, Tokopedia Beauty yang mengusung berbagai kebutuhan produk seperti kecantikan dan perawatan tubuh dengan promo menarik.

Stefani juga menambahkan ajang penghargaan TBA bisa mendorong kemunculan lebih banyak pelaku usaha, khususnya UMKM lokal, di industri kecantikan dan perawatan tubuh, serta membuat produk lokal makin menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia.

Itu sebabnya tren belanja online produk kecantikan dan perawatan tubuh di semester I 2023 mei khusus penjualan produk perawatan tubuh naik hampir 3 kali lipat.

"Jumlah transaksi produk perawatan wajah naik hampir 2 kali lipat di semester I 2023 saat pascapandemi dibandingkan semester II 2019 saat prapandemi. Sedangkan, jumlah transaksi produk perawatan tubuh naik hampir 3 kali lipat," tambah Stefanie.

Tokopedia mencatat jumlah pembeli produk kecantikan naik hampir 2 kali lipat. Di sisi lain, jumlah pembeli produk perawatan tubuh melonjak lebih dari 4 kali lipat.

"Selama semester I 2023 kami mencatat beberapa produk yang paling laris. Misalnya di kategori produk Perawatan Wajah serta Kecantikan, produk yang paling laris adalah cleanser wajah, serum wajah dan krim wajah, sedangkan produk yang paling laris di kategori produk Perawatan Tubuh yaitu sabun mandi, shampoo dan parfum," ungkap Stefanie.

Tokopedia juga mencatat temuan menarik di berbagai daerah. Misalnya, Sumatera Selatan, Bali dan Sulawesi Selatan merupakan beberapa daerah dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi produk perawatan wajah selama semester I 2023 pascapandemi dibandingkan semester II 2019 saat prapandemi, dengan peningkatan rata-rata hingga hampir 3 kali lipat.

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Editor
: Redaksi
SHARE:
Tags
Berita Terkait
Wardah Inspiring Teacher Kembali Hadir di Kota Medan

Wardah Inspiring Teacher Kembali Hadir di Kota Medan

Wardah Inspiring Teacher Kembali Hadir di Kota Medan

Wardah Inspiring Teacher Kembali Hadir di Kota Medan

Aksi Pencurian di Klinik Kecantikan Athena Padang, Polisi: Ternyata Setingan

Aksi Pencurian di Klinik Kecantikan Athena Padang, Polisi: Ternyata Setingan

Tak Hanya Wanita, ZAP Beauty Index 2024 Ungkap Persepsi Pria Tentang Penampilan

Tak Hanya Wanita, ZAP Beauty Index 2024 Ungkap Persepsi Pria Tentang Penampilan

Ini Dia Prediksi Trend Makeup yang Hits pada 2024

Ini Dia Prediksi Trend Makeup yang Hits pada 2024

Mungkinkah Mendapatkan Kulit Glowing Secara Alami Hanya Dalam Seminggu?

Mungkinkah Mendapatkan Kulit Glowing Secara Alami Hanya Dalam Seminggu?

Komentar
Berita Terbaru