Minggu, 08 September 2024

Masjid di Kompleks Pelindo 1 Belawan, Kubah Berbentuk Mushaf Alquran

Desrin Pasaribu - Rabu, 20 Maret 2024 15:34 WIB
Masjid di Kompleks Pelindo 1 Belawan, Kubah Berbentuk Mushaf Alquran
Teks foto : Masjid Al Munawwarah kelihatan dari dekat di Belawan. (Dok Pelindo Regional 1)

Kitakini.news -Umat Islam boleh bangga atas keunikan dan keindahanMasjidAlMunawwarah yang berlokasi di Komplek Kantor Pelindo Regional 1, Jalan Pelabuhan II Nomor 1 Kelurahan Belawan II, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan.

Baca Juga:

Jika di Kota Mekah terdapat gerbang berbentuk Al-Quran,di Kota Medan Bagian Utara, tepatnya di Kecamatan Medan Belawan, ada Masjid unik dan megah, yang kubahnya berbentuk Al – Qur'an di atasRehal atau rahle (Turki: rahle) atau tawla, adalah tempat sandaran buku atau mimbar berbentuk X yang dapat dilipat yang digunakan untuk meja baca Al Quran.

Keindahan MasjidAlMunawwarahdi kawasan pesisir kota Medan ini, menjadi monumen di gerbang pintu masuk Pelabuhan Belawan.

Masjid yang berada di kompleks Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Regional 1, yang baru selesai pembangunannya Juli 2020.

Selain berbentuk Al-Quran, setiap sisi kubah masjid ini juga dihiasi dengan ayat suci Al-Quran seperti arah kiblat bertuliskan ayat kursi dan sisi lainnya bertuliskan Surah Ali Imran ayat 110/tentang amar ma'ruf nahi munkar sebagai tujuan hidup.

Di bagian luar bangunan masjid, juga dihiasi dengan tulisan 25 nama nabi dan rasul yang membuat masjid ini semakin indah.

Ketua Pusat Pengembangan Dakwah Islam MasjidAlMunawwarah, Helmi Manurung menjelaskan, Masjid Al Munawarah yang memiliki luas 280 meter persegi, dapat menampung sekitar 2.200 jamaah.

"Selain terinspirasi dari pintu gerbang Kota Mekah, Masjid ini juga dihiasi dengan corak khas melayu Kota Medan, di bagian pintu utama," ungkapnya kepada wartawan, Jumat pekan lalu.

Dijelaskannya, masuk ke Masjid ini terdapat tempat wudhu dan kamar mandi di lantai satu. Lalu aula dan perpustakaan. Sementara ruang sholat berada di lantai dua, dengan mimbar senada berbentuk Al-Qur'an serta susunan sifat Allah SWT atau Asma'ul Husna.

Helmi melanjutkan, selama bulan suci ramadhan, Masjid Al Munawwarah ini digunakan untuk pengajian rutin setiap harinya, pemberian takjil, sembilan bahan pokok, hingga santunan hari raya untuk anak yatim piatu, buka puasa bersama, pesantren kilat atau pengajian.

"Juga menyediakan paket buka puasa gratis setiap harinya selama Ramadan 1445 H," ungkapnya.

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Editor
: M Iqbal
SHARE:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru