Sabtu, 06 Juli 2024

Salju Muncul di Gunung Bromo, Musim Dingin Telah Tiba

Fitri - Senin, 24 Juni 2024 17:39 WIB
Salju Muncul di Gunung Bromo, Musim Dingin Telah Tiba
Instagram.com/@gunungbromo
Gunung Bromo.
Kitakini.news - Salju memang tidak familiar bagi Indonesia yang tropis, kecuali di Pegunungan Jayawijaya di Pulau Papua. Namun, beberapa hari ini salju malah mulai muncul di kawasan Gunung Bromo.

Melansir berbagai sumber, Senin (24/6/2024), tampak dari video yang ada beberapa bagian dari kawasan Gunung Bromo yang masuk Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), mulai diselimuti salju.

Baca Juga:

Beberapa area savana dan lautan pasir di kawasan yang masuk Provinsi Jawa Timur itu juga terlihat mulai bermunculan salju yang disebut frost atau embun upas tersebut.

"Benar, karena sudah mulai masuk musim dingin," kata Kepala Bagian Tata Usaha (Kabag TU) Balai Besar TNBTS Septi Eka Wardhani.

Dirinya mengatakan munculnya fenomena frozen tidak akan setiap hari. Sehingga, tidak semua pengunjung bisa menikmatinya.

Apalagi kemunculannya juga bergantung pada kondisi suhu dan cuaca yang ada di kawasan Gunung Bromo Tengger Semeru.

"Saya juga tidak bisa menjanjikan bahwa setiap hari embun beku ini ada, karena kemunculannya sangat bergantung pada kondisi suhu dan cuaca pada saat tersebut," paparnya.

Sebagai informasi Gunung Bromo merupakan salah satu kawasan di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang dikelola Balai Besar TNBTS.

Ada empat kabupaten yang menjadi pintu masuk kawasan TNBTS, yaitu Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, dan Kabupaten Lumajang.

Dan, fenomena salju atau frost memang kerap muncul saat memasuki musim kemarau di kawasan Gunung Bromo Semeru.

Suhu udara yang dingin mencapai angka 8 derajat sampai 12 derajat saat siang hari, dan 0 derajat sampai 7 derajat saat malam hingga pagi hari diduga menjadi penyebab munculnya fenomena salju.

Fenomena frost atau embun upas, juga terlihat di beberapa vegetasi tanaman di area sekitar Gunung Bromo. Tanaman yang sebelumnya berwarna hijau itu, tampak tertutupi dengan salju berwarna putih tipis.

Suhu udara pun turun drastis. Bahkan dari informasi yang dihimpun suhu udara terendah berada di angka 4-5 derajat celcius. Namun, Septi tak tahu persis seberapa suhu udara di Gunung Bromo.

"Terdeteksi di sekitar laut pasir dan savana. Kalau untuk suhu ke BMKG, instansi resmi yang menangani data cuaca," pungkasnya.*

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Editor
: Redaksi
SHARE:
Tags
Berita Terkait
Buka Puasa dengan Es Semangka Salju, Segar dan Nikmat

Buka Puasa dengan Es Semangka Salju, Segar dan Nikmat

Komentar
Berita Terbaru