Sabtu, 06 Juli 2024

Serangan ke Pusat Data Nasional, BSSN : Brain Cipher Ransomware

M Iqbal - Senin, 24 Juni 2024 20:16 WIB
Serangan ke Pusat Data Nasional, BSSN : Brain Cipher Ransomware
Teks foto : Ilustrasi gangguan pusat data. (Iqbal)

Kitakini.news -Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) mengungkapkan bahwa gangguan sisitem Pusat Data Nasional (PDN), penyebabnya adalah ulah penyerangan siber.

Baca Juga:

"Kami sampaikan bahwa insiden pusat data karena serangan siber ransomware (virus pengenkripsi data) dengan nama brain cipher ransomeware," ujar Kepala BSSN, Hinsa Siburian kepada wartawan di Jakarta, Senin (24/6/2024).

Ransomeware kata Hinsa, merupakan jenis terbaru dalam serangan siber. Untuk itu pihaknya bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI, Cybercrime Polri dan Telkom Sigma masih terus berupaya menginvestigasi menyeluruh.

Kata Hinsa, gangguan tersebut terjadi pada Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) di Surabaya. Sementara lokasi PDNS lainnya juga ada di Jakarta. Namun, pihaknya mengklaim data PDNS mulai berangsur pulih.

Laporan terbaru dari Keimigrasian, yang terdampak pada layanan di seluruh Indoensia akibat serangan tersebut kata Hinsa, juga sudah beroperasi dan berangsur normal sejak Senin pagi tadi, sebelum langkah-langkah evaluasi (penguatan) berlanjut.

Sebagaimana diketahui, serangan ini sudah berlangsung sejak Kamis (20/6/2024) lalu.Ini merupakan jenis terbaru dari ransomwarelockbit3.0, berdasarkan sampelyang diambil.

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Editor
: Redaksi
SHARE:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru