Kamis, 19 September 2024

Siapkan Kader Tangguh, PAC GP Ansor Padangsidimpuan Selatan Gelar Diklatsar V

Efendi Jambak - Sabtu, 24 Agustus 2024 15:00 WIB
Siapkan Kader Tangguh, PAC GP Ansor Padangsidimpuan Selatan Gelar Diklatsar V
Teks foto : Pembukaan Diklatsar PAC Ansor Padangsidimpuan Selatan. (Efendi Jambak)

Kitakini.news -Kurang lebih 60 puluhan peserta calon anggota Banser (Barisan Ansor Serbaguna) dari berbagai wilayah di Kota Padangsidimpuan mengikuti pendidikan dan pelatihan dasar (Diklatsar) yang ke V di Kantor Nahdlatul Ulama (NU), kawasan Jalan Raja Inal Siregar, Kelurahan Batunadua Jae, Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua, Jumat (23/8/2024) malam.

Baca Juga:

Amatan awak media, Diklatsar Ansor Pengurus Anak Cabang Padangsidimpuan Selatan yang ke V kali ini mengangkat thema 'Bangkitlah Putera Putri Ibu Pertiwi Demi Indonesia'. Diklatsar ini berlangsung berlangsung dari 23-25 Agustus 2024.

Dalam kesempatan itu, Ketua GP Ansor Kota Padangsidimpuan Akhyar Rangkuti mengatakan, kegiatan Diklatsar Banser bertujuan untuk membentuk kader-kader tangguh yang siap ditempatkan di berbagai sektor, baik di pemerintahan maupun swasta dan siap menjaga para ulama maupun bangsa dan negara.

"Kami ingin membentuk pemuda-pemuda tangguh yang siap di tempatkan di berbagai medan, sehingga usai diklatsar ini selesai mereka kembali ke wilayah masing masing tetap tertanam jiwa nasionalisme yang siap menjaga kondusifitas Kota Padangsidimpuan," ujarnya.

Dirinya berharap para peserta Diklatsar dapat memberikan kontribusi positif terhadap percepatan kaderisasi dan peningkatan kualitas pasukan, sesuai dengan standar pelatihan nasional.

"Semoga para anggota Banser dapat memanfaatkan ilmu yang diperoleh dari proses kaderisasi ini," ujarnya.

Akhyar juga berharap para peserta yang baru direkrut senantiasa menjunjung tingga nilai-nilai keagamaan dan kebangsaan.

"Banser harus siap berada di garda terdepan untuk kepentingan agama maupun bangsa dan Negara," tambahnya.

Kemudian sambung akhyar, materi diklatsar yang diberikan kepada para anggota Banser diantaranya latihan bela negara, wawasan kebangsaan dan bijak bersosial media.

"Untuk instruktur dan pematerinya kami bekerjasama dengan pengurus wilayah Ansor Sumatera Utara," jelasnya.

Sementara Muhammad haryadi Nasution mewakili pengurus wilayah GP Ansor Sumut mengucapkan selamat kepada peserta Diklatsar.

"Kami selaku Pengurus wilayah Ansor Sumatera utara mengapresiasi pengurus cabang kota padangsidimpuan karena telah aktif melaksanakan kegiatan diklatsar, semoga seluruh kader ansor dan Banser di Sumatera Utara siap mengawal pilkada damai tahun 2024," ujarnya.

Senada dengan Rahuddin Hararap selaku asisten II (2), yang mewakili Pemerintah Kota Padangsidimpuan menyebutkan bahwa PJ Walikota berharap Diklatsar yang diselenggarakan merupakan langkah terbentuknya bibit unggul yang peduli akan daerah, yang cinta tanah air, dan siap bela ulama dan negara.

"Diklatsar Ansor Banser ini kiranya dapat menghantarkan pemuda pemudi di kota Padangsidimpuan menjadi kreatif dan mengembangkan sains kepemudaan yang sesuai dengan harapan bangsa dan negara maupun agama," ujarnya.

Kemudian lanjut Rahuddin Harahap, semoga PAC Ansor Padangsidimpuan Selatan ini dapat di contoh oleh PAC yang ada di Kota Padangsidimpuan. "Jujur saya sampaikan kepada seluruh peserta, pengkaderan ini atau Diklatsar ini tidak pernah kalian temui di sekolah, dan di kampus, sebab diklatsar ini hanya ada didalam tubuh Ansor seluruh Indonesia," ungkapnya.

Tak hanya itu, Rahuddin mengungkapkan para kader yang ada di Ansor banyak menjadi orang berhasil di semua sektor.

"Para kader yang berada di Ansor ini banyak yang sukses. Baik menjadi DPR di tingkat kota, provinsi dan pusat, bukan disitu saja, bahkan di semua sektor pemerintahan banyak di isi oleh kader kader ansor, maka dari itu berbanggalah para anak anak kami yang mengikuti Diklatsar ini, semoga menjadi orang yang sukses seperti yang di raih para senior yang ada di dalam keluarga Ansor ini," tandasnya.

Sementara sekretaris dewan penasehat yakni Hasanuddin Sipahutar mengucapkan apresiasi kepada pengurus Ansor Kota Padangsidimpuan khususnya, sebab sudah membantu pemerintah baik di tingkat kota maupun di tingkat kecamatan telah melakukan pengkaderan kepada generasi kepemudaan.

"Ucapan apresiasi saya ucapkan kepada pengurus GP Ansor Kota Padangsidimpuan karena sangat berperan aktif melakukan jenjang pengkaderan di semua wilayah yang ada di kota Padangsidimpuan," ujarnya.

"Untuk kita ketahui bersama lanjut Hasan, salah satu organisasi kepemudaan yang ada di kota Padangsidimpuan, GP Ansor lah yang banyak melakukan kegiatan kaderisasi, sebab organisasi ini tidak bisa sembarangan, harus ikut dulu dalam kaderisasi supaya bisa menjadi bahagian dari organisasi sasi ini. Bahkan memakai seragamnya saja tidak boleh kalau bukan kader. Nah itulah pembeda organisasi ini dari pada yang lain," ungkapnya.

Terakhir kata Hasan, secara tidak langsung kegiatan kaderisasi yang terus menerus dilakukan sangat membantu pihak pemerintah apalagi di bidang pembentukan mental di kelompok kepemudaan.

Amatan awak media turut hadir dalam pembukaan Diklatsar Ansor anak cabang Padangsidimpuan Selatan tersebut yakni Kakan Kemenag Kota Padangsidimpuan, Masir Rambe, Asisten 2 Rahuddin Harahap, Camat Padangsidimpuan Selatan Ahmad Toib Simanjuntak, Camat Batunadua, dan perwakilan kepolisian. Turut juga Sekretaris Dewan penasehat Hasanuddin Sipahutar, Wakil Ketua Penasehat Aswin Matondang, serta Pengurus Wilayah GP Ansor Sumut Mhd Haryadi Nasution.

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Editor
: M Iqbal
SHARE:
Tags
Berita Terkait
Komitmen Kawal Pembangunan, PAC GP Ansor Jalin Silaturahmi ke Camat Padangsidimpuan Selatan

Komitmen Kawal Pembangunan, PAC GP Ansor Jalin Silaturahmi ke Camat Padangsidimpuan Selatan

PC GP Ansor Padangsidimpuan Apresiasi Polres yang Gagalkan Peredaran 10 Kg Ganja

PC GP Ansor Padangsidimpuan Apresiasi Polres yang Gagalkan Peredaran 10 Kg Ganja

Dapat Kunjungan dari PC GP Ansor Padangsidimpuan, Pj Walikota Sambut Hangat

Dapat Kunjungan dari PC GP Ansor Padangsidimpuan, Pj Walikota Sambut Hangat

GP Ansor Padangsidimpuan Apresiasi Kinerja Santun Kapolres AKBP Dudung Setyawan

GP Ansor Padangsidimpuan Apresiasi Kinerja Santun Kapolres AKBP Dudung Setyawan

Konferwil XVII Pemuda Ansor, Jalan GP Ansor Bentuk Kader Unggul

Konferwil XVII Pemuda Ansor, Jalan GP Ansor Bentuk Kader Unggul

Konferensi Anak Cabang GP Ansor Hutaimbaru, Hakim Siregar Sebagai Ketua

Konferensi Anak Cabang GP Ansor Hutaimbaru, Hakim Siregar Sebagai Ketua

Komentar
Berita Terbaru