Minggu, 08 September 2024

Ketua PW Al-Washliyah Sumut Sebut Pendidikan dan Dakwah Jaga Eksistensi Organisasi

Riswandi - Kamis, 14 Desember 2023 00:28 WIB
Ketua PW Al-Washliyah Sumut Sebut Pendidikan dan Dakwah Jaga Eksistensi Organisasi
Teks foto : Ketua PW Al-Washliyah Sumut Ust H Dedi Iskandar Batubara saat menyampaikan tausiah di acara peringatan HUT ke-93 Al-Washliyah di Kota Sibolga. (Firman)

Kitakini.news - Pendidikan dan dakwah Islam menjadi dua kunci utama organisasi Al-Jam'iyatul Washliyah (Al-Washliyah) bisa bertahan sejak 1930 hingga sekarang di usia 93 tahun. Karenanya seluruh pengurus di tiap tingkatan harus berfikir bagaimana melahirkan generasi Islami yang siap membela Agama.

Baca Juga:

Pesan tersebut disampaikan Ketua PW Al-Washliyah Sumatera Utara (Sumut) Ust H Dedi Iskandar Batubara dalam kunjungan silaturahmi sekaligus konsolidasi dengan Pengurus Daerah (PD) Al-Washliyah Kabupaten Mandailingnatal, Tapanuli Selatan dan Kota Padangsidimpuan, Senin-Rabu (11-13/12/2023).

Menurut Dedi Iskandar Batubara, Al-Washliyah merupakan ormas Islam terbesar ketiga di Indonesia setelah NU dan Muhammadiyah. Sebab, di Sumatera Utara saja, ada 600-an Madrasah dan Sekolah yang tersebar di berbagai daerah, serta lima kampus. Yang kesemuanya, melahirkan generasi terdidik.

"Saya kira ada 18 ribu lulusan dari Madrasah Al-Washliyah (setingkat SLTA) di seluruh Sumatera Utara. Dan ada ribuan alumni yang lahir dari berbagai kampusnya. Itu semua adalah kader kita," ujar Dedi Iskandar Batubara.

Ia pun menyampaikan bahwa hadirnya lembaga pendidikan, merupakan satu upaya dalam rangka melahirkan dan menjaga generasi Al-Washliyah, sebagai pemimpin masa depan, melanjutkan perjuangan para pendahulu. Sebagaimana kepengurusan sekarang yang juga akan digantikan kelak oleh generasi berikutnya.

"Saya yakin, lulusan dari sekolah Al-Washliyah akan siap menjadi dai, dan berdakwah. Setidaknya, ia bisa menjadi imam dan memimpin doa. Ini yang menjaga Al-Washliyah bisa bertahan," jelas Dedi yang juga Anggota DPD RI.

Dengan amal Ittifaq (usaha) tersebut kata Dedi Iskandar Batubara, ia berharap di semua pengurus daerah bahkan pengurus cabang (tingkat kecamatan), menjadikan pendidikan sebagai faktor penting, agar generasi dakwah terus lahir serta menjaga eksistensi organisasi, yang juga punya misi amal sosial.

Selain itu, Dedi Iskandar Batubara menjelaskan bahwa Al-Washliyah juga tidak bisa dipisahkan dengan kawasan Tabagsel. Sebab sebagian besar para pendiri organisasi ini berdarah Mandailing. Sebut saja Tuan Arsjad Thalib Lubis, serta para pengurus dari masa ke masa, tidak terlepas dari peran orang-orang dari Tabagsel.

"Karenanya keberadaan Al-Washliyah di Tabagsel ini juga menjadi perhatian kita. Walaupun sebagian besar berada di sepanjang Pantai Timur, mulai dari Langkat hingga Labuhanbatu (Raya), namun di Pantai Barat ini juga bagian penting," tegasnya.

Untuk itu lanjut Dedi Iskandar Batubara, konsolidasi bersama Pengurus Daerah ini, adalah langkah mengoptimalkan peran Al-Washliyah di tingkat kabupaten kota hingga kecamatan. Apa yang menjadi program prioritas, akan didorong untuk terus berkembang, hingga ormas ini bisa bertambah maju di masa mendatang. Sebagaimana slogan "Hiduplah Washliyah Zaman Berzaman".

Sementara Ketua PD Al-Washliyah Kabupaten Madina Jufri Nasution, Ketua PD Tapsel Ust Nurpin Sihotang dan Ketua PD Padangsidimpuan H Irfan Harahap yang menyambut kunjungan rombongan Ketua PW Al-Washliyah Sumut Dedi Iskandar Batubara, menilai bahwa penguatan pendidikan dalam sebuah Ormas merupakan keniscayaan.

Sehingga mereka masing-masing akan memprioritaskan membangun basis pendidikan guna mencetak para generasi penerus Washliyah.

Ratusan Orang Hadir saat Perayaan HUT ke-93 Al-Washliyah di Sibolga

Sebelumnya, Ketua PW Al-Washliyah Sumut Ust H Dedi Iskandar Batubara juga hadir pada perayaan HUT ke-93 Al-Washliyah yang digelar PD Al-Washliyah Sibolga, sekaligus pelantikan Pengurus Cabang (PC) Sibolga di Gedung Baznas kota tersebut.

Dalam peringatan HUT tersebut, ratusan orang antusias mengikut rangkain acara. Turut hadir perwakilan Pemko Sibolga, pengurus daerah, warga Washliyah, serta tokoh masyarakat.

Ketua PD Al-Washliyah Sibolga, Supratman menyampaikan terimakasih kepada Ust Dedi Iskandar Batubara selaku Ketua PW Sumut karena berhadir dan membersamai kegiatan tersebut. Serta kepada Pemko Sibolga, pihaknya mengapresiasi dukungan pemerintah atas suksesnya penyelenggaraan kegiatan ini.

Acara peringatan HUT yang diisi tausiah oleh Ketua PW Al-Washliyah Sumut, Dedi Iskandar Batubara, diakhiri dengan pemberian sumbangan berupa bahan makanan kepada anak yatim dan dhuafa.

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Editor
: Redaksi
SHARE:
Tags
Berita Terkait
Dedi Iskandar Batubara Bergabung dalam Tim Pemenangan BERANI

Dedi Iskandar Batubara Bergabung dalam Tim Pemenangan BERANI

Isu Paskibra Perempuan Dilarang Berhijab, DIB Minta Copot Kepala BPIP

Isu Paskibra Perempuan Dilarang Berhijab, DIB Minta Copot Kepala BPIP

Pembukaan Rakerwil II PW Al-Washliyah Sumut, Persiapkan Kader di Pilkada

Pembukaan Rakerwil II PW Al-Washliyah Sumut, Persiapkan Kader di Pilkada

Dedi Iskandar Batubara di Pelantikan PW GPA Sumut : Instrumen Penting Pengawal Al-Washliyah

Dedi Iskandar Batubara di Pelantikan PW GPA Sumut : Instrumen Penting Pengawal Al-Washliyah

Rekapitulasi Suara DPD RI Kota Padangsidimpuan, Dedi Iskandar Batubara Unggul

Rekapitulasi Suara DPD RI Kota Padangsidimpuan, Dedi Iskandar Batubara Unggul

SKY Team Medan Berbagi Puluhan Paket Bahan Makanan dan Selimut ke Panti Asuhan Al Washliyah

SKY Team Medan Berbagi Puluhan Paket Bahan Makanan dan Selimut ke Panti Asuhan Al Washliyah

Komentar
Berita Terbaru