Selasa, 02 Juli 2024

Inggris Comeback Dramatis di Injury Time, Kalahkan Slovakia 2-1

Susah Payah Inggris Akhirnya Kalahkan Slovakia 2-1
Sukri - Senin, 01 Juli 2024 01:52 WIB
Inggris Comeback Dramatis di Injury Time, Kalahkan Slovakia 2-1
istimewa
Aksi selebrasi dua pencetak gol Inggris ke gawang Slovakia, Harry Kane dan Jude Bellingham.(Foto: 433/IG)
Kitakini.news -Suporter timnas Inggris dipaksa berada dalam ketegangan selama 75 menit lantaran The Three Lions harus ketinggalan 0-1 atas Slovakia hingga menit ke-90 di Stadion Veltins-Arena pada Minggu malam (30/6/2024). Baru pada menit injury time, Inggris mampu memecah kebuntuan dan membalikkan keadaan dengan mencetak dua gol balasan hingga akhirnya menang dan lolos ke perempat final.

Baca Juga:

Setelah gol penyerang sayap Ivan Schranz menit ke-25, Inggris tak mampu mengembangkan permainan lantaran pertahanan rapat yang diterapkan Slovakia. Namun pada menit ke-90+5, Jude Bellingham memecah kebuntuan dan mencetak gol penyeimbang lewat aksi salto spektakuler.


Harry Kane pada menit pertama waktu tambahan ('91) mampu membalikkan keadaan dengan golnya. Setelah itu hingga dua kali 15 menit pertambahan waktu, tidak ada lagi gol tercipta sehingga skuad besutan Gareth Southgate itu lolos ke babak 16 besar EURO 2024.


Pelatih Inggris, Gareth Southgate, membuat satu perubahan dalam susunan pemain dengan memasang Kobbie Mainoo di samping Declan Rice, sementara sisanya tetap sama. Meskipun demikian, Inggris tetap kesulitan menghadapi Slovakia. Baru empat menit berlalu, David Strelec sudah mengancam dengan tendangannya yang masih melebar dari gawang Jordan Pickford.


Wasit juga sibuk dengan banyaknya pelanggaran dalam 20 menit pertama, mengeluarkan empat kartu kuning: tiga untuk Inggris dan satu untuk Slovakia. Saat Inggris mulai menunjukkan perkembangan, Slovakia malah membuat para pendukung The Three Lions terdiam. Penyerang mereka, Ivan Schranz, membobol gawang Pickford pada menit ke-25, memanfaatkan umpan dari Strelec. Skor 1-0 untuk keunggulan Slovakia bertahan hingga babak pertama usai, dan Inggris harus berbenah di babak kedua.


Memasuki babak kedua, Inggris tampil lebih dominan dengan memainkan bola pendek daripada umpan langsung ke jantung pertahanan Slovakia. Pada menit ke-50, fans Inggris bersorak gembira ketika Phil Foden mencetak gol memanfaatkan assist dari Kieran Trippier. Namun, VAR mengecek gol tersebut dan Foden dinyatakan offside, sehingga skor tetap 1-0 untuk Slovakia.


Lima belas menit kemudian, Trippier mengalami cedera dan digantikan oleh Cole Palmer. Kehadiran Palmer membuat serangan Inggris lebih bervariasi. Pada menit ke-78, Inggris memiliki peluang terbaik untuk menyamakan kedudukan, tetapi sundulan Harry Kane masih menyamping dari gawang Slovakia yang dijaga Martin Dubravka. Tiga menit kemudian, tendangan Declan Rice juga hampir mengubah papan skor, tetapi hanya mengenai tiang gawang.


Sesaat setelah Ivan Toney masuk, Inggris akhirnya berhasil mencetak gol. Jude Bellingham memanfaatkan umpan dari Marc Guehi dengan melakukan salto untuk menyamakan kedudukan. Skor 1-1 bertahan hingga 90 menit waktu normal, dan pertandingan dilanjutkan ke extra time.


Inggris memulai extra time dengan kencang. Harry Kane memperbesar keunggulan Inggris menjadi 2-1. Sepak pojok Cole Palmer dari sayap kanan disambut tendangan Eberechi Eze di luar kotak penalti. Ivan Toney meneruskan dengan sundulan kepada Kane, yang menyelesaikannya dengan tandukan dari dekat tiang gawang.


Slovakia mendapatkan peluang emas pada menit ke-105. Umpan silang matang dari sayap kiri menemui Peter Pekarik di depan gawang, tetapi sontekannya justru melambung tinggi. Sejumlah peluang diciptakan Slovakia namun tak ada lagi gol tercipta hingga peluit akhir pertandingan ditiupkan wasit.


Susunan Pemain


TIMNAS INGGRIS:

Pickford, Walker, Trippier (Palmer 66'), John Stones, Guehi, Rice, Bellingham (Konsa 106'), Mainoo (Eze 84'), Foden (Toney 90'), Saka, Kane (Gallagher 106').

Pelatih: Gareth Southgate

TIMNAS SLOVAKIA:

Dubravka, Pekarik (Tupta 109'), Skriniar, Vavro, Hancko, Kucka, Lobotka, Duda, Schranz (Gyomber 99'), Haraslin (Suslov 61'), Strelec (Bozenik 61').

Pelatih: Francesco Calzona

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Editor
: Redaksi
SHARE:
Tags
Berita Terkait
Full Big Matches di Perempat Final EURO 2024, Ini Ulasan dan Jadwalnya

Full Big Matches di Perempat Final EURO 2024, Ini Ulasan dan Jadwalnya

Ini Empat Negara yang Lolos ke Delapan Besar EURO 2024 Sejauh Ini

Ini Empat Negara yang Lolos ke Delapan Besar EURO 2024 Sejauh Ini

Inggris vs Slovakia di Babak 16 Besar Euro 2024: Misi The Three Lions Mengulang Kesuksesan

Inggris vs Slovakia di Babak 16 Besar Euro 2024: Misi The Three Lions Mengulang Kesuksesan

Jerman Tundukkan Denmark 2-0, Melaju ke Perempatfinal Euro 2024

Jerman Tundukkan Denmark 2-0, Melaju ke Perempatfinal Euro 2024

Juara Bertahan EURO Italia Angkat Koper di 16 Besar, Tak Kuasa Hadapi Swiss 0-2

Juara Bertahan EURO Italia Angkat Koper di 16 Besar, Tak Kuasa Hadapi Swiss 0-2

Prediksi Swiss vs Italia: Tekad Gli Azzuri Lolos ke 8 Besar Diadang Nati

Prediksi Swiss vs Italia: Tekad Gli Azzuri Lolos ke 8 Besar Diadang Nati

Komentar
Berita Terbaru