Senin, 16 September 2024

GOR Hj Rayati Syafrin, Satu-satunya Gedung Boling yang Dibangun Pemprov di Indonesia

M Iqbal - Sabtu, 07 September 2024 17:07 WIB
GOR Hj Rayati Syafrin, Satu-satunya Gedung Boling yang Dibangun Pemprov di Indonesia
Teks foto : Gedung GOR Boling Hj Rayati Syafrin di kawasan Jalan Williem Iskandar/Pancing, Medan. (Dedi)

Kitakini.news - Keteresediaan fasilitas olahraga menjadi penilaian tersendiri bagi tuan rumah perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh - Sumut 2024, Sumatera Utara. Bahkan ada rasa bangga jika fasilitas yang ada, memiliki kualitas dan kapasitas yang luar biasa.

Baca Juga:

Seperti halnya fasilitas olahraga boling dengan dibangunnya GOR Bowling Hj. Rayati Syafrin di Jl. Pancing Medan. GOR Hj. Rayati Syafrin mulai dibangun di masa Gubernur Tengku Erry Nuradi di kisaran tahun 2017 dan rampung di era Gubernur Edy Rahmayadi.

GOR Hj. Rayati Syafrin awal dibangun dengan tujuan memenuhi keinginan insan boling di Sumut yang mengalami kendala dalam melakukan pembinaan karena tidak adanya lintasan boling representatif di Sumut, setelah Lintasan Super Bowl Perisai Plaza Medan berhenti beroperasi (tutup).

Berbagai upaya lobi-lobi dilakukan Pengurus Daerah Persatuan Boling Indonesia (Pengfa PBI) Sumatera Utara yang diketuai Hj. Rayati Syafrinke pucuk pimpinan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dalam hal ini gubernur.

Hingga akhirnya Pemerintah Sumatera Utara memenuhi harapan insan boling di Sumut membangun GOR Bowling di kawsan Jl. Pancing Medan. Bahkan, Gubsu ketika itu HT Erry Nuradi menamai gedung tersebut dengan nama Ketua PBI Sumut, Hj. Rayati Syafrin.

Dedikasi Hj. Rayati Syafrin sebagai pengurus PBI Sumut sekaligus mantan atlet boling dalam membina olahraga boling di Sumut, membuat Pemerintah Sumatera Utara memberikan penghargaan dengan menyematkan namanya sebagai nama GOR Bowling Sumut.

Tidak seperti lintasan boling di Indonesia yang dibangun pihak swasta atau menggunakan dana sponsor. GOR Bowling Hj. Rayati Syafrin dibangun murni menggunakan dana APBD Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

"Ya, GOR Bowling Hj. Rayati Syafrin ini satu-satunya GOR bowling di Indonesia yang dibangun pemerintah daerah. Jadi kita sangat salut dan berterima kasih kepada Pemprovsu yang sudah sangat respek terhadap olahraga boling," ujar Bandahara Pengda PBI Sumut, Jonathan Sergio Goenawan, Sabtu (7/9/2024).

Selain itu, GOR Bowling Hj. Rayati Syafrin juga menjadi GOR bowling modern yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas representatif yang membuat nyaman ketika berada di dalamnya.

"GOR Hj. Rayati Syafrin dilengkapi dengan ruang control room, countee, sekretariat, ruang meeting, ruang technical delegate, ruang VIP, hall makan, ruang pers, ruang storage bola, musholla pria dan wanita, ruang medis dan ruang doping," beber Sergio.

Tidak hanya itu, berdasarkan hasil risk assessment dari Mabes Polri, baru-baru ini, GOR Bowling Hj. Rayati Syafrin yang menjadi venue PON XXI Aceh -Sumut 2024 memperoleh penilaian risiko terhadap pengamanan penyelenggaraan kompetisi olahraga sebesar 75 dengan kategori Baik.

Nilai tersebut dinilai cukup baik untuk memenuhi standar keselamatan dan keamanan dalam menyelenggarakan suatueventatau pelaksanaan pertandingan olahraga skala Nasional seperti Pekan Olahraga Nasional (PON).

Adapun aspek penilaian risiko terhadap manajemen pengamanan penyelenggaraan kompetisi olahraga ini yaitu kelayakan gedung, jalur evakuasi, kelengkapan, kesehatan, data kegiatan kompetisi dan jumlah penonton.

Tim penilaian risiko untuk GOR Bowling Hj. Rayati Syafrin dari Mabes Polri yang berjumlah 20 orang ketika itu dipimpin oleh Kombes Pol. Devy Firmansyah.

"Nilai kita termasuk yang tertinggi dibanding venue olahraga PON XXI lainnya. Kami ucapkan terima kasih kepada pihak Dispora Sumut yang sudah merancang dan membangun GOR ini dengan memenuhi aspek keselamatan hingga kenyamanannya," ucap Sergio.

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Editor
: Redaksi
SHARE:
Tags
Berita Terkait
Sumut Raih Medali Emas Ketiga di Cabor Boling PON XXI

Sumut Raih Medali Emas Ketiga di Cabor Boling PON XXI

Kawasan Kaldera Toba, Jadi Venue Unik Voli Pasir PON XXI Sumut

Kawasan Kaldera Toba, Jadi Venue Unik Voli Pasir PON XXI Sumut

Pertandingan Ekshibisi Padel Resmi Dibuka

Pertandingan Ekshibisi Padel Resmi Dibuka

Hanya Selisih Satu Poin, Sumbar Juara Cabor ESport PUBG Mobile PON XXI

Hanya Selisih Satu Poin, Sumbar Juara Cabor ESport PUBG Mobile PON XXI

Kontroversi Kemenangan Tinju Sumut di PON XXI Wasit Dinonaktifkan

Kontroversi Kemenangan Tinju Sumut di PON XXI Wasit Dinonaktifkan

PASI Sumut Targetkan 6 Medali Emas dari Cabor Atletik PON XXI

PASI Sumut Targetkan 6 Medali Emas dari Cabor Atletik PON XXI

Komentar
Berita Terbaru