Sabtu, 07 September 2024

Tahapan Coklit Segera Berakhir, Bawaslu Tapsel Gelar Rakor Melalui Zoom

Efendi Jambak - Senin, 22 Juli 2024 08:03 WIB
Tahapan Coklit Segera Berakhir, Bawaslu Tapsel Gelar Rakor Melalui Zoom
(Dok. Bawaslu Tapsel)
Koordiv HP2H Bawaslu Tapsel, Vernando Maruli Aruan saat melakukan monitoring pengawasan coklit di kantor Panwaslu kecamatan.

Kitakini.news -Badan Pengawas Pemilihan umum (Bawaslu) Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) menggelarrapat koordinasi dengan Panwascam se-Tapsel terkait progress laporan hasil pengawasan terhadap Pemuktahiran Data Pemilih (Pantarlih) yang bertugas melalukukan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) pada calon pemilih pada pemilihan tahun 2024 secara Daring (Meeting Zoom), Sabtu (20/7/2024)

Baca Juga:

Ketua Bawaslu Tapsel, Taufik Hidayat, melalui Koordiv HP2H Bawaslu Tapsel, Vernando Maruli Aruan mengatakan rakor dengan Panwascam tersebut dilaksanakan untuk memaksimalkan laporan pemutakhiran data pemilih sekaligus mengingatkan agar semua jajarannya bekerja secara profesional dan selalu mengikuti aturan dan perundang-undangan yang berlaku.

"Kepada sahabat semua perlu saya ingatkan agar senantiasa melakukan pengawasan melekat pada semua tahapan pemilihan 2024 ini secara profesional serta jangan lupa membuat Laporan Hasil Pengawasan (LHP) setiap tahapan sebab itu sudah menjadi tanggung jawab kita sebagai pengawas," paparnya.

Kemudian jaga nama baik lembaga, jaga kesehatan, bekerjalah sesuai aturan dan perundang-undangan yang berlaku dan tetap ikuti arahan dari setiap Koordiv yang ada di Bawaslu Tapsel. Petugas Pengawas ditingkat desa atau PKD kita yang bertugas mengawasi coklit di masing-masing desa Cuma satu orang. Dari itu, diharapkan kepada Panwascam agar ikut membantu tugas PKD kita khususnya pada masa tahapan coklit ini.

Selain itu, Vernando juga menekankan pada peserta rakoor agar laporan hasil pengawasan dibagi dalam 3 priode.yaitu priode pertama dari 24 Juni s.d 5 Juli 2024, priode kedua dari 6 Juli s.d 17 Juli 2024 dan priode ketiga dari 18 Juli s.d 25 Juli 2024.

"Sampai saat ini masih ada 3 kecamatan yang belum selesai melakukan coklit yaitu kecamatan Angkola Sangkunur, Sayurmatinggi dan Tantom Angkola," terang Vernando

Masih kata Vernando, bahwa Rakor ini dilaksanakan untuk meminta data laporan bentuk pencegahan dan penindakan selama Coklit oleh Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Tapanuli Selatan.

"Penggalian data secara lisan dilakukan pada hari ini sesuai dengan Surat Edaran nomor 89 Tahun 2024. Adapun Data Pemilih yang diperoleh pada saat rakoor lewat laporan Panwascam, 59.590 KK yang sudah dicoklit dan telah dilakukan pengawasan coklit, meninggal dunia 1.542 orang, pemilih baru 6.157 orang, pemilih ganda 13 orang, pindah domisi199 orang, Polri 5 orang, TNI 7 orang dan kelompok penyandang Disabilitas 284 orang. Data tersebut diperoleh dari 12 kecamatan yang ikut meeting zoom. Data petugas pantarlih yg terdaftar di SIPOL dan dukungan Bakal Calon Perseorangan dan apa yg sudah dilakukan mengecekan oleh Panwascam terkait data pantarlih ada 7 orang yang terdaftar di SIPOL.Adapun temuan pada saat pemuktahiran data pemilih dalam bentuk pencocokan dan penelitian data pemilih dari beberapa kecamatan ditemukan adanya Pantarlih tidak memakai identitas saat bertugas, salah penempatan TPS di kelurahan Pardomuan dan ada salah penempatan TPS di dua desa di kecamatan Saipar Dolok Hole. Tindakan yang dilakukan oleh Panwaslu Kecamatan menyurati PPK di kecamatan masing-masing untuk memerintahkan Pantarlih memakai identitasnya sebagai pantarlih dan menyurati PPK untuk kejelasan kesalahan penempatan TPS," bebernya.

Vernando juga menambahkan, pengawasan pemutahiran data pemilih yang pada hari ini masih berlangsung dalam bentuk pencocokan dan penelitian data pemilih yg akan berakhir pada tanggal 24 Juli 2024 dan BawasluTapsel sudah menginstruksikan untuk melaksanakan uji petik terhadap 10 KK per per hari selama 3 hari pasca coklit selesai yg dilakukan tgl 25 s.d 27 Juli 2024.

Uji petik dilaksanakan untuk melihat kepatuhan dan ketaat petugas pantarlih melaksanakan prosedur dan aturan yg terkait dgn Pencoklitan data Pemilih. Dalam menjaga hak pilih masyarakat Tapanuli Selatan agar tidak terjadi makaPanwascam se Kabupaten Tapanuli selatan membuka posko kawal hak pilih di 15 kecamatan dn melakukan patroli pengawasan Coklit hingga proses Coklit berakhir.

"Panwascam dan Pengawas Desa/Kelurahan telah berkomitmen kuat untuk tetap memberikan pengawasan hingga data pemilih di kecamatan akurat dan termutahir yang diperoleh dari KK yang ditemui langsung ke rumah-rumah penduduk berdasarkan data sinkronisasi dari sumber DP4 dan DPT terakhir Pemilu Tahun 2024", imbuhnya.

Selain itu, Vernando juga menekankan agar tetap melakukan upaya pencegahan pelanggaran pada Pemilihan tahun 2024.

"Bawaslu Tapanuli selatan mengajak dan mengimbau masyarakat untuk pro aktif dalam mencemati dan memeriksa secara seksama terkait data pemilih pada pemilihan kepala daerah serentak tahun 2024 serta aktif melaporkan kejanggalan data yang dilarang oleh ketentuan perundang-undangan ke posko-posko kawal hak pilih di setiap kecamatan untuk mencegah terjadinya pelanggaran Pemilihan," imbuhnya. (**)

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Editor
: Redaksi
SHARE:
Tags
Berita Terkait
Workshop Peliputan Pilkada, Dewan Pers: Media Harus Kritis

Workshop Peliputan Pilkada, Dewan Pers: Media Harus Kritis

Kejutan di Pilkada Binjai, Tengku Rizki-Aulia Hardi bersama PDI Perjuangan Akan Menang

Kejutan di Pilkada Binjai, Tengku Rizki-Aulia Hardi bersama PDI Perjuangan Akan Menang

Spartan Nasional Minta Eriza Wilmana Menangkan Edy Rahmayadi

Spartan Nasional Minta Eriza Wilmana Menangkan Edy Rahmayadi

Bawaslu Tapsel: Verifikasi Ijazah Bacalon Cakada Sesuai Aturan

Bawaslu Tapsel: Verifikasi Ijazah Bacalon Cakada Sesuai Aturan

Kedepankan Kampanye Santun dan Cerdas, Ronald Tampubolon: Saya Bersama Ibu Susanti Akan Kembalikan Siantar Sebagai Kota Pendidikan

Kedepankan Kampanye Santun dan Cerdas, Ronald Tampubolon: Saya Bersama Ibu Susanti Akan Kembalikan Siantar Sebagai Kota Pendidikan

Madina Bagai Mutiara di Perut Bumi, Harun Mustafa: Bersama Masyarakat Sama-Sama Bekerja

Madina Bagai Mutiara di Perut Bumi, Harun Mustafa: Bersama Masyarakat Sama-Sama Bekerja

Komentar
Berita Terbaru