Jumat, 18 Oktober 2024

KPU Sumbar Sosialisasi Tahapan Pemilu 2024

Azzaren - Minggu, 10 Desember 2023 15:30 WIB
KPU Sumbar Sosialisasi Tahapan Pemilu 2024
(Bonar)
Beragam budaya ditampilkan dalam sosialisasi tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) di kawasan Gor Agus Salim Padang, Sumatera Barat.

Kitakini.news -

Baca Juga:

Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Barat (KPU Sumbar) menggelar sosialisasi tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) dalam bentuk pagelaran budaya.

Beragam budaya ditampilkan dalam sosialisasi tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) di kawasan Gor Agus Salim Padang, Sumatera Barat, Minggu (10/12/2023) pagi.

Hadir para pemilih pemula, penyelenggara Pemilu dan peserta Pemilu seperti Calon DPR, DPRD Provinsi Sumbar dan DPRD Kabupaten dan Kota.

Menurut Ketua KPU Sumbar, Surya Efitrimen, selain menyampaikan tahapan kampanye Pemilu 2024 yang telah berjalan, juga dalam upaya mengajak anak muda sebagai pemilih pemula serta masyarakat untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS), pada 14 Februari 2024.

"Pemilu tinggal 66 hari, karena itu KPU Sumbar berupaya melibatkan masyarakat ikut berpartisipasi mensukseskan pemilu. Salah satunya dengan mendatangi TPS dan ikut memilih," ujar Surya.

Pasalnya, tambahnya, partisipasi pemilih merupakan salah satu indikator kesuksesan pemilu. Dia berharap, partisipasi pemilih di Pemilu 2024, jauh meningkat dari pemilu 2019 lalu.

"Di masa kampanye yang tak lebih dari 75 hari ini, para peserta pemilu dapat memanfaatkannya dengan baik dan sesuai aturan yang berlaku. Hindari pelanggaran, sehingg tercipta pemilu yang damai dan berkeadilan," papar Surya.

Sebagai penyelenggara pemilu, KPU melaksanakan berbagai kegiatan sesuai dengan tahapan yang telah ditetapkan sejak 20 bulan. Sekarang sudah lebih 17 bulan tahapan berjalan.

"Selain melakukan sosialisasi, ada beberapa tahapan yang telah dilaksanakan KPU Sumbar, termasuk penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan Daftar Calon Tetap (DCT) anggota DPRD," katanya lagi.

Disebutkannya ada tugas yang dilakukan KPU yang tak kalah pentingnya, yaitu pengadaan logistik pemilu. Dan sebelum pencetakan surat suara, karena itu KPU memastikan terlebih dahulu DCT, baru selanjutnya pencetakan surat suara. "

"KPU sifatnya melayani, karena itu tahapan pendaftaran hingga pemutakhiran data pemilih juga termasuk dalam upaya melayani pemilih," pungkas Surya. (**)

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Editor
: Heru
SHARE:
Tags
Berita Terkait
KPU Sumbar Sampaikan Mekanisme Pencalonan Kepala Daerah 2024

KPU Sumbar Sampaikan Mekanisme Pencalonan Kepala Daerah 2024

Inilah Pemenang PSU Caleg DPD dari Sumbar

Inilah Pemenang PSU Caleg DPD dari Sumbar

KPU Sumbar Distribusikan Logistik PSU ke Daerah

KPU Sumbar Distribusikan Logistik PSU ke Daerah

Hujan Interupsi Warnai Rekapitulasi Surat Suara di KPU Sumbar

Hujan Interupsi Warnai Rekapitulasi Surat Suara di KPU Sumbar

Komentar
Berita Terbaru